Soal Proyek 35 Ribu MW, Jonan: Semoga Program Ini dapat Cepat Selesai

1301

Grati (wartabromo.com) – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Grati Blok III 450 MW. Proyek ini merupakan satu bagian percepatan capaian 35 ribu Mega Watt (MW) program listrik nasional.

Ignasius Jonan mengatakan, targetan dengan nilai investasi mencapai Rp3,61 triliun ini merupakan program prestisius, percepatan program pemerintah dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Meski tak memberikan kepastian, pemenuhan capaian 35 ribu MW listrik nasional itu diharapkan bisa tuntas di tahun ini. Hanya saja, sejumlah data terungkap, bila pada awal 2019 saja, capaian proyek 35 ribu MW ini masih pada kisaran 57%.

“PLTGU Grati Blok III 450 MW ini sumbang percepatan program 35 ribu MW, dan semoga program ini dapat cepat selesai,” ungkap Jonan saat meresmikan PLTGU Grati Blok III di Desa Wates, Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan, Jumat (26/7/2019).

Baca Juga :   Warga Sekitar Puslatpur TNI AL Bakal Nikmati Subsidi Listrik

Adanya tambahan kapasitas ini, satu juta rumah tangga di Jawa Timur akan makin menikmati pasokan listrik yang tersedia dari PLTGU Grati.

Di samping itu, Jonan menjelaskan, kapasitas pembangkit listrik di suatu daerah bergantung pada pertumbuhan masyarakat dan perkembangan ekonominya. “Kapasitas pembangkit akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah,” terang Jonan.

Baca: Kapasitas PLTGU Grati Capai 1.360 MW Setelah 3 Tahun Bangun Blok Tambahan

Menteri Jonan sebelumnya juga meresmikan 16 infrastruktur kelistrikan di NTB-NTT yang juga tergabung dalam megaproyek 35.000 Megawatt (MW). Melalui megaproyek 35 ribu MW ini PLN juga membangun jalur transmisi sepanjang 46.000 kilo meter sirkit (kms), dan Gardu Induk berkapasitas 109.000 Mega Volt Ampere (MVA) di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   PLTGU Grati Bakal Jadi Salah Satu Penunjang Daya Listrik Industri

PLTGU Grati Blok III ini merupakan salah satu proyek program percepatan ini. Kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Grati pun bertambah. Peningkatan kapasitas ini capai 1.360 Mega Watt (MW) dari sebelumnya 760 MW. (ptr/ono)