Amalan Sunnah Saat Idul Adha, Simak Ya…

2834

Pasuruan (Wartabromo.com) – Esok hari, seluruh umat muskin di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H. Beberapa amalan sunah seperti tidak makan sebelum sholat Ied bisa dilakukan untuk menyempurnakan ibadah Idul Kurban.

Dihimpun dari berbagai sumber, ketika datang Hari Raya Kurban, ada beberapa adab yang dilakukan. Berikut amalan sunah yang dimaksud:

1. Mengumandangkan takbir

Menjelang hari raya, kumandang takbir, tahlil dan tahmid sering terdengar. Ini biasa dikenal dengan istilah Takbiran. Membaca kalimat Allah ini sunnah dikumandangkan sejak tenggelamnya matahari pada malam Ied hingga habisnya hari Tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah) saat Idul Adha.

Nah, bukan hanya di masjid atau musholla saja, takbiran juga bisa dilakukan di rumah, bahkan saat berjalan menuju tempat sholat.

2. Mandi Besar

Sebelum sholat ied, umat muslim disunnahkan untuk mandi. Selain itu, mandi juga dimaksudkan untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Jadi, saat beribadah badan sudah bersih dan suci. Selain membersihkan badan, juga disunnahkan memotong kuku, memotong rambut, dan menggunakan wewangian bagi para pria.

3. Puasa sampai Pulang dari Sholat Ied

Berdasarkan hadist riwayat Ahmad dan Tirmidzi, Rasulullah SAW tidak makan lebih dulu dari shubuh, kecuali setelah pulang dari Sholat Ied. Ini juga sebagai anjuran umat Nabi Muhammad, sebaiknya sebelum sholat hingga pulang sholat ied tidak mengkonsumsi apapun.

4. Memakai pakaian terbaik

Pakaian terbaik yang dimaksud adalah pakaian yang bersih nan suci. Tidak harus yang baru atau mahal.

5. Berjalan kaki menuju tempat sholat Ied

Saat berangkat sholat Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk berjalan kaki. Hal ini dinilai lebih utama. Selain berjalan kaki, jalan yang diambil ketika berangkat dan pulang pun sebaiknya berbeda. Ini dilakukan berdasar kebiasaan Rasulullah SAW.

6. Mendengarkan Khutbah

Amalan yang satu ini sudah bukan rahasia lagi, ketika Khotib memberikan Khutbah, para jamaah dianjurkan untuk diam dan mendengarkan Khutbah. Ini juga berlaku ketika Khutbah Idul Adha.

Nah, gimana sudah siap merayakan hari raya Haji ini? (bel/may)