Serbuk Alumunium Dibuang di Pinggir Jalan Raya Raci

2274

Pasuruan (WartaBromo.com)- Tumpukan serbuk alumunium ditemukan berserakan di pinggir jalan raya Raci, Kabupaten Pasuruan. Tepat di sisi utara jalan raya, sekitar 200 meter dari gapura masuk desa Simokerto, Kecamatan Kraton.

Belum diketahui siapa yang membuang material dengan warna perak itu. Namun, informasi yang diperoleh, alumunium powder yang dikemas dalam zak berikuran 25 kilogram itu sudah terlihat dalam beberapa hari terakhir.

“Seminggu ini sudah ada di situ,” kata Supii, seorang warga, sepulang mencari rumput di sekitar. Ia pun tak mengetahui siapa yang membuang serbuk yang jika terhirup berpotensi mengganggu pernapasan itu.

Dari pengamatan WartaBromo, sekilas keberadaan serbuk alumunium itu cukup samar. Selain lokasi pembuangan yang berada lebih rendah dari permukaan jalan raya, juga sedikit terhalang oleh ilalang.

Material yang biasa dipakai bahan campuran pembuatan bata ringan itu dikemas zak warna putih. Ada sekitar 10 zak dengan kapasitas masing-masing 25 kilogram. Sebagian kemasan terlihat jebol. Akibatnya, serbuk dengan warna perak itu pun berceceran di tanah.

Merujuk data katalog Pengawas Obat dan Makanan (POM), serbuk alumunium itu berpotensi menimbulkan gas yang mudah menyala saat terjadi/bersinggungan dengan air. Ia bahkan mudah menyala spontan dalam udara. Karena itu, disarankan untuk menyimpannya dalam wadah tertutup dan kering.
Dalam kondisi basah, bubuk ini dapat mudah meledak. Apalagi saat bersinggungan dengan udara lembab.

Sementara dari sisi kesehatan, ancaman gangguan terjadi pada paru-paru, mata dan juga kulit. “Jika terhirup dalam waktu lama, bisa menimbulkan paru-paru kronis,” jelas BPOM dalam katalognya. (asd/asd)