Sering Merasa Cemas Berlebihan? Awas Idap Ini

856

Pasuruan (wartabromo.com) – Perasaan cemas, pasti pernah dirasakan semua orang sebagai respon tubuh terhadap ancaman dari lingkungan luar. Memiliki rasa cemas memang hal lumrah, tetapi bila berlebihan, bisa jadi itu pertanda ada gangguan serius.

Dikutip dari viva, salah satu penyakit yang menyebabkan timbulnya rasa cemas berlebihan adalah hipertiroid. Hipertiroid merupakan kondisi kelenjar tiroid yang terlalu aktif memproduksi hormon. Ini membuat organ tubuh bekerja lebih cepat.

Nah, ketika organ tubuh bekerja lebih aktif, penderita hipertiroid menjadi rentan cemas. Bahkan terlihat berlebihan dari orang pada umumnya.

Menurut Muhammad Ikhsan Mokoagow, salah satu dokter spesialis penyakit dalam, ketika semua sel aktif, simpatis akan meningkat. Padahal, simpatis akan meningkat ketika seseorang merasa ketakutan, atau dikejar-kejar anjing.

“Ini diem-diem aja simpatisnya tinggi,” tutur Ikhsan.

Selain merasa cemas berlebihan, organ tubuh seperti jantung dan nadi juga berkerja lebih aktif. Bahkan denyut nadi bisa mencapai 140 kali per menit. Padahal tubuh dalam keadaan tenang. Bagi orang normal tanpa hipertiroid, denyut nadinya sekitar 80 kali permenit. Atau ketika olahraga, 130 kali permenit.

Organ pencernaan juga terkena ‘imbasnya’. Penderita hipertiroid cenderung BAB lebih sering, bisa sampai 3 kali sehari. (bel/may)