Gagal Nyaleg, Mantan Anggota DPRD Pasuruan Ini Milih Nyalon Kades

3572

Prigen (wartabromo.com) – Desa Lumbangrejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan mendadak ramai dengan bunyi raungan puluhan motor yang mengiringi perjalanan rombongan Mujibuda’awat yang akan mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Kades di desa setempat.

Mujibbuda’awat merupakan bakal calon kades yang sebelumnya sudah pernah duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Pasuruan selama dua periode.

Mujib, panggilan akrabnya, sepertinya tak malu dengan rekan politisi sejawatnya meski harus bertarung kembali dalam level desa yang cakupan wilayahnya lebih kecil. Pasalnya, dibandingkan suara daerah pemilihan (Dapil) yang pernah diperjuangkannya, desa sangatlah berbeda dan jumlah wilayahnya tak luas.

“Saya tidak malu. Ini mungkin bagian dari ikhtiar pengabdian saya ke masyarakat,” ujar pria yang sempat duduk di Komisi IV DPRD Kabupaten Pasuruan ini pada wartabromo.com.

Menurutnya, selama hampir 10 tahun dirinya telah berkutat di parlemen untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. Namun, lantaran pada pemilu lalu, ia tidak mendapatkan kepercayaan lagi. Ia pun memilih untuk Balek (kembali, red) ke Desanya untuk meneruskan pengabdiannya.

“Saya orang desa. Ya harus kembali ke Desa. Karena Desa sekarang sudah jauh berbeda dari Desa yang dahulu,” lanjut pria yang pernah di PKNU lalu menjadi politisi Partai Demokrat ini.

Berkas admnistrasasi Muhammad Mujibuda’awat sebagai salah satu calon kades Lumbangrejo pun sudah diterima oleh Nawawi, Ketua Panitia Pilkades di desa setempat, Senin (9/10/2018). Berkas tersebut telah dinyatakan lengkap dan diterima oleh panitia. (yog/yog)