Wabup Pasuruan Wacanakan Gaji Guru TK dan PAUD Naik

4739
Mujib Imron, Wakil Bupati Pasuruan, ketika menyampaikan sambutan dalam acara lomba mewarnai Mamamia, di Makolatmar Grati, Rabu (9/10/2019).

Pasuruan (wartabromo.com) – Wakil Bupati Pasuruan wacanakan ada kenaikan gaji guru PAUD dan TK. Jumlah kenaikan diperkirakan dua kali lipat dari yang diterima saat ini.

Hal itu disampaikan Mujib Imron, Wakil Bupati Pasuruan, ketika menyampaikan sambutan dalam acara lomba mewarnai Mamamia, di Makolatmar Grati, Rabu (9/10/2019).

Bukan tanpa alasan Wabup periode 2018-2023 ini menyebutkan wacana kenaikan gaji untuk para guru PAUD dan TK.

Menurut Gus Mujib -panggilan karibnya-, para guru itu telah mencurahkan tenaga, pikiran, ketelatenan, kesabaran, dan keuletan untuk mencerdaskan para bibit penerus bangsa.

Tak hanya itu, hal itu selaras dengan ancangan Bupati Pasuruan juga memprioritaskan program pembangunan dan upaya peningkatan kesejahteraan termasuk terhadap guru.

“Ya, Insyaallah tahun 2021 lah,” ujar Gus Mujib kepada WartaBromo.

Pernyataan itu karuan disambut sumringah dan segera diamini para guru PAUD dan TK yang hadir dalam acara. Tanpa kecuali Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi.

Berdasarkan data yang dihimpun WartaBromo, ada lebih 3.000 guru PAUD dan TK di Kabupaten Pasuruan. Saat ini, guru Non-PNS mendapatkan insentif Rp200 ribu setiap bulannya. Sedangkan untuk PNS, disesuaikan dengan golongan masing-masing.

Heri Mulyono, Kepala Bidang PAUD Dinpendik Kabupaten Pasuruan, menuturkan, wacana tersebut memang sudah lama dibicarakan, hanya saja sampai kini belum direalisasikan.

“Kalau dari kita sih kepinginnya naik jadi Rp400 ribu atau Rp500 ribu,” tutur Heri.

Jumlah besaran kenaikan dua kali gaji yang diwacanakan itu menurutnya disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Ia pun berharap, tahun 2021 gaji guru, terutama bagi non-PNS terdapat kenaikan, tak sekadar wacana. (bel/ono)