Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Ajaib Lho!

33777

Pasuruan (wartabromo.com) – Belakangan ini, kopi sedang naik daun. Ternyata, dibalik nikmatnya kopi, juga ada segudang manfaat yang terkandung dalam ampas kopi.

Salah satu manfaat ampas kopi yang cukup terkenal adalah diaplikasikan pada kulit. Tekstur ampas kopi yang kasar, berfungsi sebagai pengganti scrub wajah. Treatment ini dipercaya akan membuat wajah tampak lebih bersinar.

Tak cukup sampai disitu, selain untuk wajah, ampas kopi juga memiliki manfaat keren lainnya. Wartabromo telah merangkum beberapa manfaat kopi yang bisa dipraktikkan.

1. Pengusir Nyamuk

Berdasarkan sebuah penelitian tahun 2015, nyamuk yang notabene adalah salah satu spesies berbahaya, dapat diusir hanya dengan ampas kopi. Bahkan, nyamuk juga akan dirugikan dengan keberadaan ampas kopi disekitarnya.

Hal tersebut karena sebagian besar dari nyamuk betina menolak bertelur di air yang mengandung ampas kopi. Kalaupun memang bertelur, larvanya tidak akan menetas dan berkembang dengan baik.

Maka dari itu, ampas kopi dinilai ampuh untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk atau serangga lain.

Caranya mudah saja, letakkan ampas kopi di area rumah yang menjadi sarang nyamuk. Cara sederhana ini dinilai efektif untuk mengusir nyamuk lho. Bukan hanya nyamuk, ampas kopi juga dipercaya untuk mengusir serangga pengganggu di halaman rumah.

2. Pengharum Alami Kulkas

Bukan rahasia lagi, jika kulkas dan freezer kerap meninggalkan aroma tak sedap. Itu lantaran kedua alat tersebut cenderung “mengunci” bau di dalam.

Ampas kopi bisa menjadi solusi permasalahan tersebut. Berbagai penelitian telah menunjukkan fakta bahwa ampas kopi merupakan bahan utama untuk singkirkan bau tak sedap. Mulai dari bau sepatu, bau amis di tangan bahkan bisa menjadi pengharum alami untuk kulkas.

Cukup masukkan beberapa sendok ampas kopi yang telah kering dalam kantong nylon atau mangkuk terbuka. Kemudian, letakkan dibelakang kulkas atau freezer. Dijamin, secara perlahan bau tak sedap tidak akan tercium lagi.

3. Membersihkan Peralatan Masak

Tak hanya membersihkan kulit, ternyata peralatan masak dengan noda membandel juga bisa dibersihkan dengan ampas kopi. Terutama untuk panci dan wajan.

Cara membersihkannya mudah. Letakkan ampas kopi di permukaan wajan atau panci dengan noda membandel. Diamkan sejenak, tunggu hingga kering. Kemudian, cuci menggunakan sabun dan bilas menggunakan air bersih seperti biasa.

Bisa juga dengan mejemur bubuk kopi hingga kering. Selanjutnya, ditaburkan diatas wajan atau panci yang kotor untuk kemudian digosok menggunakan kain.

Baca Juga : Nikmatnya Kopi Cobra Krucil

4. Atasi rambut rontok

Memperbaiki masalah kulit sudah, pewangi sudah, membersihkan peralatan masak juga sudah. Tapi masih ada lagi kegunaan ampas kopi yang ajaib. Yakni, dapat mengatasi rambut rontok.

Racikan alami dari ampas kopi dan minyak zaitun atau minyak kelapa ternyata ampuh mengurangi rambut rontok lho.

Salah satu penelitian menyebutkan, ketika ampas kopi diaplikasikan ke kulit kepala penderita alopecia, akar rambut mereka terbukti lebih besar. Rambut juga tumbuh lebih kuat. Itu lantaran, area yang dibaluri kafein mengandung lebih banyak keratin.

Nah, cara membuat ramuannya adalah, dengan membuat pasta dari ampas kopi dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Kemudian balurkan pasta tersebut ke akar rambut dan diamkan selama 5-10 menit.

Jika sudah, bilas menggunakan air bersih dan keramaslah menggunakan shampo. Tahap terkahir, yakni mengeringkan rambut untuk kemudian disisir menggunakan sisir yang rapat. Hal itu dilakukan untuk menyingkirkan butiran kopi yang menempel. (bel/may)