Segini Batasan Makan Telur per Hari

4925

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bukan rahasia lagi apabila telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi pada kuningnya. Tapi, telur masih menjadi primadona menu pilihan untuk makan sehari-hari.

Meski begitu, tak sedikit pula yang membatasi konsumsi telur karena takut. Padahal, telur merupakan salah satu sumber protein baik bagi tubuh.

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan?

Mengutip beberapa sumber, telur boleh dikonsumsi dengan takaran tertentu. Pasalnya, satu butir telur ukuran besar, mengandung kolesterol sebanyak 186 mg.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada rekomendasi pasti terkait berapa banyak telur yang boleh dikonsumsi dalam satu hari. Hanya saja, ada anjuran seberapa banyak kolesterol yang boleh dikonsumsi dalam satu hari.

Berikut anjurannya:

– Bagi yang tubuhnya dalam kondisi sehat dan tak memiliki riwayat penyakit apapun, kadar kolesterol yang boleh dikonsumsi yakni tidak lebih dari 300 mg. Jumlah tersebut tentunya terhitung dalam satu hari.

– Berbeda untuk penderita diabetes, penyakit jantung, atau punya kadar kolesterol tinggi, hanya diperbolehkan kurang dari 200 mg per hari.

Dalam penelitian disebutkan, telur benar-benar aman saat dikonsumsi hingga 3 telur utuh per hari. Mengingat kisaran nutrisi dan manfaat kesehatannya yang kuat.

Sebenarnya, kuning telur bukan satu-satunya penyebab kadar kolesterol sesorang naik secara drastis. Makanan tambahan pendamping telur dan cara mengolahnya juga dapat menjadi pendukung naiknya kolesterol. (bel/may)