Berikut Titik Rawan Kemacetan pada Libur Akhir Tahun di Pasuruan

1379

Pasuruan (WartaBromo.com) – Libur akhir tahun, lumrah terdapat peningkatan kendaraan di jalan raya, tak terkecuali wilayah Kabupaten Pasuruan. Upaya antisipasi coba dilakukan polisi, dengan petakan titik rawan kemacetan.

Kasubag Humas Polres Pasuruan, AKP Hardi mengatakan titik-titik kemacetan paling rawan berada di wilayah Pandaan-Prigen.

“Di Plintahan, Cimory sampai depan Surya,” ungkap AKP Hardi, Jumat (27/12/2019).

Lebih lanjut dijelaskan, jalur menuju Tretes acapkali menjadi langganan kemacetan. Seperti di Simpang 5 Pandaan yang sering dipadati kendaraan baik mobil pribadi hingga rombongan wisata keluarga.

“Kalau waktu tahun baru itu banyak yang ingin naik, lihat kembang api. Nah, ini biasanya pengunjung membludak,” bebernya.

Sementara itu, titik rawan macet yang jadi perhatian yakni di simpang 3 Purwosari. Lalu, berbagai macam kendaraan sering kali memadati jalan depan pasar Bangil.

Secara umum, Hardi mengungkapkan penyebab kemacetan setiap pergantian tahun ini karena volume kendaraan yang tinggi. Lebih-lebih pada kendaraan pribadi yang kian banyak di jalanan setiap libur panjang maupun pada malam pergantian tahun baru.

“Sedangkan lebar jalannya masih tetap sama,” imbuhnya.

Untuk mengatasi hal ini, Polres Pasuruan telah menyiapkan pos pantau di titik kemacetan. Seperti halnya di Prigen, sebanyak 2 pos telah bersiaga. Masing-masing berada di depan Cimory dan depan hotel Surya. Polisi juga bergantian berjaga di titik tersebut.

Pos pantau khusus juga dibangun di pinggir jalan raya Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, sekitar lokasi kecelakaan yang tewaskan tujuh korban, beberapa waktu lalu.

(trn/may)