Menyambut January Effect, Ini Pilihan Saham yang Menjanjikan

813

Pasuruan (Wartabromo.com) – Fenomena tahunan January effect, ternyata memberikan pengaruh positif. Keberadaannya dinilai mampu memperbaiki Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di awal 2020.

“IHSG akan melanjutkan penguatan pada Januari mendatang,” ujar Analis Oso Sekuritas Sukarno Alatas, dinukil dari kompas.

Berdasarkan catatan, selama 10 tahun terakhir, IHSG akan bergerak positif pada Januari. Itulah mengapa dikenal dengan January effect. Dimana terjadi penguatan harga-harga saham saat memasuki bulan Januari.

Menurut Sukarno, salah satu yang menjadi sentimen positif adalah, pelaku pasar optimis menangani negosiasi dagang antara Amerika Serikat dengan China yang dinilai menemukan titik terang. Keduanya, kini sedang menyelesaikan detail kesepakatan dagang fase pertama agar dapat ditandatangani pada awal Januari 2020.

Dengan demikian, IHSG saat bulan Januari dapat menguat di kisaran 6.331-6.468. Kalaupun menurun, tidak akan melebihi level 6.274.

Nah, dalam menyambut January effect, pelaku pasar dapat mengoleksi beberapa saham. Diantaranya, ASII, AALI, BSDE, BBRI, BBNI, BMRI, ERAA, CPIN, JPFA, EXCL, JSMR, PGAS, TLKM, ADHI, PTPP, PWON, SMRA, WIKA, WSKT, dan UNTR.

Lebih lanjut dijelaskan, saham-saham tersebut dinilai menarik. Itu lantaran secara valuasi masih murah, dan secara siklus tahunan dengan January effect, saham-saham tersebut bisa menjadi pilihan.

Bagaimana, tertarik? (bel/may)