Waspada Tiga Sungai yang Rawan Sebabkan Banjir di Kota Pasuruan

1785

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sejak awal tahun 2020, hujan terus mengguyur dan beberapa kali disertai angin kencang. Ada tiga sungai yang mengalir di wilayah Kota Pasuruan yang kerapkali menyebabkan banjir.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan menyebut tiga sungai itu antara lain Sungai Welang, Sungai Petung, dan Sungai Gembong.

Sungai Welang merupakan sungai yang mengalir di wilayah sekitaran Kecamatan Kraton dan Gadingrejo. Sungai Petung mengalir di sekitar Kelurahan Bakalan. Sementara Sungai Gembong mengalir di tengah kota.

Menurut Murtadho, yang perlu mendapat perhatian adalah Sungai Welang. Pasalnya aliran sungai berasal dari wilayah Lawang dan Purwodadi yang kemudian turun ke dataran yang lebih rendah.

Baca Juga :   Rumah depan Musala di Pasrepan Digerebek Polisi Gara-gara Sabu, hingga Usulan Fatwa Baru, Orang Miskin Wajib Menikah dengan Orang Kaya | Koran Online 20 Feb
Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander saat cek persiapan Posko bencana di halaman gedung Abdul Rahman, Kota Pasuruan, Sabtu (4/1/2019). Foto: istimewa.

“Kalau di wilayah atas hujan lebat, lalu laut di utara sedang pasang, pasti air meluber dan banjir,” ujar Murtadho.

Untuk langkah antisipasi, Polres Pasuruan Kota bersama stakeholder terkait, yakni TNI dan BPBD siap menghadapi potensi-potensi bencana alam di wilayah Kota Pasuruan.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dony Alexander menjelaskan bahwa Polres Pasuruan Kota sudah menyiapkan Posko tanggap bencana, Posko dapur darurat bilamana nanti dibutuhkan untuk logistik korban bencana.

“Kami sudah menghadapi ancaman-ancaman bencana alam yang terjadi di wilayah Kota Pasuruan,” ujar Dony. (tof/ono)