Blower PT Jati Diri Terbakar, Seorang Pekerja Dilaporkan Pingsan

482

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebuah Dust Collector (penyedot debu) di area produksi kayu PT Jati Diri terbakar. Penyebabnya diduga terjadi korslet di dalam mesin milik pabrik kayu ini.

Peristiwa ini terjadi pada Kamis (16/01/2020) diketahui terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Asap tiba-tiba membumbung dari atas mesin penyedot debu atau blower itu.

Peristiwa itu, membuat panik sejumlah pekerja. Bahkan, satu di antaranya terjatuh dan pingsan di dalam pabrik. Sontak, sejumlah pekerja mencoba menolongnya sampai kemudian sebuah ambulans datang melakukan penyelamatan medis.

Anak dari pemilik perusahaan, Rudi menduga telah terjadi korsleting di bagian dalam mesin hingga menimbulkan percikan api. Api kemudian membakar serbuk kayu yang berada di dalam mesin.

“Korban tidak ada. Tadi hanya ada yang kepleset, tapi tidak apa-apa orangnya,” ujar Rudi.

Menurut Rudi, mesin penyedot debu tersebut tidak mengalami kerusakan yang parah. Hanya untuk biaya servis kemungkinan akan memakan biaya Rp10 juta.

Sementara itu, pihak BPBD Kota Pasuruan telah menerjunkan pasukan pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi tak lama setelah mendapatkan laporan.

Pasukan Damkar tersebut segera melakukan aksi tanggap dengan memadamkan api dan membantu karyawan membersihkan serbuk kayu agar api tak merambat.

“Kami menerjunkan dua mobil Damkar untuk penanganan kebakaran ini,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik Murtadho. (tof/ono)