Belum ada Vaksin Jinakkan Virus Corona, Bagini Cara Hindari Penularannya

829

Pasuruan (Wartabromo.com) – Wabah virus corona semakin meresahkan. Parahnya, hingga saat ini, belum ada vaksin yang dapat melindungi manusia dari infeksi virus yang terdeteksi kali pertama di wilayah Wuhan, Cina ini.

Dikutip dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), virus corona tak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Tapi, penularannya bisa dihindari dengan beberapa cara berikut:

  1. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku bersih dari kuman;
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih;
  3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit;
  4. Gunakan masker.

Nah, berbeda halnya apabila seseorang sudah mengalami gejala atau dinyatakan terpapar virus corona, tetapi tidak harus dirawat di rumah sakit.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar virus tidak tertular ke orang lain.

  1. Tetap di rumah kecuali untuk mendapatkan perawatan medis
    Bagi penderita virus mematikan ini haruslah membatasi aktivitas di luar rumah. Kecuali, ada kepentingan untuk mendapatkan perawatan medis. Jangan pergi bekerja, sekolah, atau tempat umum, dan jangan menggunakan transportasi umum atau taksi.
  2. Isolasi diri dari orang lain di rumah
    Selain tetap dirumah, penderita harus tinggal di ruangan yang berbeda dari orang lain di rumah. Dengan kata lain, harus diisolasi dari penghuni rumah yang lain.
  3. Buat janji sebelum mengunjungi dokter
    Jika ingin mendapatkan perawatan medis, usahakan menghubungi penyedia layanan kesehatan. Jangan lupa untuk memberikan informasi bahwa orang yang akan dilakukan perawatan tersebut sedang dalam masa evaluasi. Itu akan membantu penyedia layanan kesehatan mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain agar tidak terinfeksi.
  4. Kenakan masker
    Ketika berada di ruangan yang sama dengan orang lain, penderita wajib memakai masker. Atau bisa juga sebaliknya, orang-orang yang sedang seruangan denag penderita yang memakai masker. Hal itu juga berlaku ketika penderita sedang mengunjungi penyedia layanan kesehatan.
  5. Tutup mulut dan hidung
    Saat batuk atau bersin penderita harus menutup mulut dengan tisu atau lengan baju. Setelah itu, buanglah tisu bekas di tempat sampah. Selanjutnya, cucilah tangan dengan sabun dan air, kurang lebih selama 20 detik. Apabila sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Hindari juga menyentuh area mata, hidung, dan mulut saat tangan belum dicuci.
  6. Hindari berbagi barang-barang rumah tangga
    Penderita tak boleh berbagi peralatan dengan orang lain seperti piring, gelas, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang-barang lainnya. Apabila telah selesai digunakan, cucilah menggunakan dengan sabun dan air.
  7. Pantau gejalanya
    Jika penyakit mulai dirasa memburuk, segera cari pertolongan medis. Pantau juga kondisi kesehatan apabila telah melakukan kontak dengan penderita. Lamanya memantau ini adalah sekitar 14 hari.

Baca: Antisipasi Virus Corona, Kemenkes Aktifkan 100 RS Rujukan

Bagaimana, bisa dipahami kan?
Lakukan beberapa langkah di atas agar tak terserang virus mematikan itu. (bel/ono)