Tol Probolinggo-Lumajang Mulai Digarap Tahun Depan

2488

Lumajang (WartaBromo.com) – Rencana pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang memasuki tahap perancangan. Sedianya jalur bakal ditetapkan pada tahun ini, dan mulai digarap pada 2021.

Percepatan pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang ini tertuang dalam Perpres Nomor 80 tahun 2019. Thoriqul Haq, Bupati Lumajang mengatakan, setelah Perpres turun, progress berikutnya yakni perancangan jalur.

“Tahun ini sudah akan dimulai proses rancangan pembangunannya dan akan dibahas rencana lewat mananya saja, semuanya didata, tahun ini akan dituntaskan,” jelas Cak Thoriq, dalam keterangan resminya.

Perancangan tol sepanjang 20-25 kilometer ini masih melalui tahapan cukup panjang. Satu di antaranya yakni pembebasan lahan yang bakal bersentuhan langsung dengan warga. Sebab, akan ada proses negosiasi pada pembebasan tanah warga untuk jalan bebas hambatan ini.

“Setelah dibebaskan tanahnya, Insya Allah 2021 pembangunan sudah mulai dikerjakan, harapannya 2023 jalan tol sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Lumajang,” lanjutnya.

Estimasi investasi pada pembangunan jalan tol ini mencapai Rp4,7 triliun. Jumlah tersebut didapatkan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Tujuan percepatan pembangunan jalan ini untuk menanggulangi kemacetan di jalur Pantura yakni Klakah-Ranuyoso. Selain itu, pertumbuhan bidang ekonomi juga diharapkan bakal mengiringi pembangunan tol ini. (may/ono)