Bunda Mau Menyusui Buah Hati? Ini Perlengkapannya

493

Pasuruan (Wartabromo.com) – Momen menyusui adalah yang ditunggu-tunggu para ibu selepas melahirkan. Baik menyusui secara langsung ataupun dengan bantuan alat.

Ada beberapa kondisi yang membuat ibu tak dapat menyusui buah hatinya secara langsung. Kondisi tersebut mengharuskan ibu harus menyiapkan beberapa peralatan menyusui.

Bagi para ibu yang menyusui secara langsung juga perlu menyiapkan peralatan lho. Tujuannya, agar selama proses menyusui, buah hati dan ibu sama-sama nyaman.

Nah, mengutip kumparan, ada beberapa perlengkapan menyusui bayi baru lahir yang harus disiapkan.

1. Pompa ASI

Alat satu ini biasanya digunakan bagi para ibu yang tak dapat menyusui buah hati secara langsung karena aktivitas di luar. Biasanya perlu ada stok ASI perah bagi si bayi.

Tak sampai disitu, memompa ASI juga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan payudara. Ya, produksi ASI yang berlebih biasanya membuat payudara terasa begah dan membuat ibu merasa kesakitan. Maka dari itu, pompa ASI menjadi salah satu barang yang harus dimiliki.

2. Apron menyusui

Kalau yang satu ini, diperuntukkan bagi bayi yang menyusu langsung pada ibunya. Adanya apron menyusui sangat membantu ketika ibu dan bayi sedang bepergian ke luar rumah. Bagian payudara yang ditutupi dengan apron membuat ibu menyusui bayinya dengan nyaman.

3. Bra menyusui

Daftar selanjutnya, adalah bra menyusui. Biasanya, beberapa minggu pasca melahirkan payudara akan sering terasa penuh dan berat. Bentuk payudara juga akan berubah seiring perubahan hormon ketika menyusui.

Bra satu ini didesain khusus agar ibu tidak perlu repot mencopot bra saat ingin menyusui. Jadi, lebih ringkes kata orang Jawa.

4. Bantal menyusui

Selain bra menyusui, bantal menyusui juga peelu dimasukkan dalam list untuk alasan kenyamanan. Bantal menyusui akan membuat ibu merasa nyaman dan tidak pegal saat menyusui. Pasalnya, bantal ini didesain sebagai penyangga yang empuk untuk mengurangi ketegangan punggung, leher, bahu, dan lengan.

5. Breast pad

Ada beberapa ibu yang produksi ASI nya meningkat di awal-awal masa pasca persalinan. Biasanya payudara akan terasa berat, penuh dan ASI bisa sampai bocor. Hal itu pastinya membuat bra bahkan baju si ibu basah.

Nah, jika harus berganti setiap ASI bocor, pasti ibu merasa tak nyaman. Maka dari itu breast pad ini nantinya yang dapat menyerap ASI yang menetes. Jadi, ibu tidak perlu repot slelau berganti bra atau pakaian akibat kebasahan.

6. Tempat penyimpanan ASI perah (ASIP)

Nah, ASI yang sudah dipompa, peelu disimpan di tempat khusus. Bisa botol berbahan kaca, plastik atau kantong plastik bebas BPA. Jika bepergian, ibu juga perlu membawa cooler bag dan ice gel agar ASIP dapat bertahan selama 24 jam.

Bagaimana, sudah siap untuk menyusui? (bel/may)