Pemerintah Siapkan Kuota Haji Prioritas untuk Jemaah Lansia

1048
Seorang jemaah lansia hendak berangkat tunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah. (Foto; dokumen)

Jakarta (WartaBromo.com) – Kuota haji untuk jemaah lanjut usia (Lansia) bakal ditambah pada 2020 ini. Pemerintah mempersiapkan 1% kuota haji untuk memprioritaskan Lansia.

“Sehingga Lansia mulai tahun ini kita kasih kesempatan, kita berikan prioritas, meski tidak bisa sekali semua kita buat bertahap,” jelas Menteri Agama, Fachrul Razi dilansir dari Kompas.

Diketahui, kuota haji reguler sementara yakni 204 ribu jamaah. Maka, diperkirakan kuota bagi jemaah haji Lansia sekira 2.040 orang. Ditambah lagi ada kuota cadangan sebanyak 5% untuk Lansia.

“Jangan sampai pada waktunya berangkat mereka sudah enggak bisa berangkat lagi,” lanjutnya.

Sebab, berkaca dari tahun lalu, kuota cadangan ini tidak terpakai. Maka dari itu, 5% dari total 10% kuota cadangan, diprioritaskan untuk jemaah lanjut usia.

“Yang tahun lalu yang tidak perpakai rasa-rasanya 1.260 seat enggak terpakai, itu kan sangat-sangat sayang. Sehingga tahun ini kita tambah cadangan menjadi 10 persen dan lima persen di antaranya digunakan untuk Lansia,” pungkasnya.

Meski begitu, jumlah pasti kuota haji masih belum bisa diketahui. Saat ini pemerintah masih menunggu penandatanganan dari masing-masing negara, yang melakukan kerjasama dengan Arab Saudi. (may/ono)