BPS Bakal Buka Lowongan 360 Ribu Petugas Sensus Penduduk

1223
Para milenial saat mengisi mengikuti Sensus Penduduk secara online. Foto : Instagram BPS.

Jakarta (WartaBromo.com) – Tahun ini, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sensus penduduk. Setidaknya ada 390 ribu lowongan menjadi petugas sensus yang akan dibuka BPS.

“Kita belum buka pendaftaran sekarang. Pada bulan April nanti setiap daerah akan ada pengumuman lewat online dan masing-masing kota,” jelas Suhariyanto, Kepala BPS seperti dilansir dari Antara.

Petugas Sensus ini nantinya akan melakukan pendataan secara door to door ke rumah warga. Pendataan bakal dilakukan pada Juli mendatang. Setidaknya ada 390 ribu lowongan yang disediakan untuk mencari petugas sensus penduduk di seluruh Indonesia.

Nah, saat proses rekrutmen petugas, ada beberapa kriteria yang akan diterapkkan. Diantaranya pelamar setidaknya telah menempuh pendidikan akhir SMA atau sederajat. Tak hanya itu, calon petugas harus berdomisili sesuai dengan daerahnya.

Baca juga : Sensus Penduduk Dimulai, Bisa Lewat Website Lho!

“Kita training bagaimana mengisi kuesioner. Katakanlah konsep penduduk, apa yang dinamakan pendidikan terakhir. Ini sepertinya gampang, tapi sering missed. Contoh isi pendidikan terakhir anak SMA penddikan, diisi SMA, padahal belum tamat,” terangnya.

Tahun ini, metode yang diterapkan BPS yakni metode kombinasi. Dimana data berasal dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Selain itu SP2020 juga menerapkan sensus lewat website atau secara online. Warga sudah bisa mengisi data mulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Nantinya bagi warga yang belum melakukan sensus secara online, akan didata oleh petugas dengan metode wawancara door to door. (may/ono)