Banser jadi Komponen Cadangan, Moeldoko: Saya juga akan Merekomendasikan

8206

Pandaan (WartaBromo.com) – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU akan dijadikan sebagai komponen cadangan militer Indonesia. Keberadaan Banser dinilai recommended, lantaran struktur yang dimiliki berpotensi untuk ditingkatkan.

Hal itu diungkap oleh Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) saat hadir pada Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) di Taman Candra Wilwatikta, Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan, Senin (24/2/2020).

“Kalau itu diprogramkan, saya juga akan merekomendasikan,” kata Moeldoko menjawab rencana Banser jadi komponen cadangan.

Ia menegaskan, bila Banser sudah teruji dan memiliki potensi untuk diupgrade sebagai bagian dari pasukan pertahanan sipil nasional.

“Teman-teman Banser adalah sebuah potensi yang mudah untuk ditingkatkan,” tandasnya.

Ia beralasan, Banser NU telah cukup menunjukkan integritas dan sikap kebangsaannya. Lebih-lebih, secara struktur, Banser sudah tersebar ke seantero nusantara.

“Secara uniform sudah, memiliki integritas, dan nasionalisme tinggi,” ungkap Moeldoko.

Hanya saja, keinginan itu disebutnya belum diketahui secara persis kapan akan dilakukan. Ia juga tak menjelaskan, bila Banser dinilai berpotensi sebagai pasukan cadangan,  bagaimana dengan komponen sosial lainnya. Seperti mereka yang tergabung sebagai petugas perlindungan masyarakat (Linmas).

Dari berbagai sumber komponen cadangan merupakan pasukan cadangan militer terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil.

Pasukan sipil ini difungsikan untuk melakukan perlawanan tatkala negara membutuhkan kekuatan untuk perang atau mempertahankan diri dari invasi. (nul/ono)