Tak Bergerak, Kemiskinan Kabupaten Probolinggo Masih di Lima Besar Jatim

1523

Kraksaan (wartabromo.com) – Kabupaten Probolinggo masuk daerah termiskin keempat 4 se Jatim. Peringkat tersebut berdasarkan statistik data kemiskinan kabupaten/Kota se Jawa Timur (Jatim) Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jatim tahun 2019.

Termiskin pertama di Jawa Timur adalah Kabupaten Sampang. Selanjutnya ada Kabupaten Sumenep, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Tuban. Di posisi ke-6 ada Kabupaten Ngawi, Pamekasan dan Pacitan. Serta Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lamongan.

Dengan peringkat tersebut, Kabupaten Probolinggo menjadi yang tertinggi di daerah Tapal Kuda, mengalahkan Kabupaten Bondowoso.

“Betul, Kabupaten Probolinggo masih tetap berada di urutan keempat termiskin se Jawa Timur,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian, Senin, 24 Februari 2020.

Baca Juga :   Badai Pasir Landa Bromo

Ada beberapa faktor menurut Yulius, yang menjadikan Kabupaten Probolinggo termiskin keempat. Di antaranya faktor pendapatan, luas wilayah, data makanan dan non makanan.

“Pengaruh paling besar adalah disparitas atau perbedaan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terus acuan garis kemiskinan tiap daerah itu tidak sama,” ujarnya.

Yulius mengakui bahwa biaya untuk makan di Kabupaten Probolinggo cukup tinggi, yaitu sekitar Rp417 ribu per bulannya. Sedangan di daerah lainnya, hanya Rp300 ribu.

“Pengaruh harga makan di Kabupaten Probolinggo masih tinggi. Kalau di daerah lain ada yang di bawahnya. Perbedaan ini, cukup berpengaruh,” tandas mantan Camat Sukapura itu. (saw/saw)