Nego Gaji Saat Wawancara? Begini Triknya

1228

Pasuruan (Wartabromo.com) – Saat melamar pekerjaan, negosiasi gaji menjadi hal yang dianggap sulit bagi calon pekerja. Utamanya bagi para fresh grad yang belum berpengalaman.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar tak terkesan kaku? Ya, gaya berbicara atau cara berargumen dalam meminta gaji justru hal yang paling diperhatikan.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat menjalani negosiasi gaji:

1. Melakukan riset awal

Bagi pemula, riset saat akan melamar wajib dilakukan. Baik tentang jobdesc atau kisaran gaji di posisi yang dilamar. Itu penting dilakukan agar gaji yang diinginkan tak terlampau jauh dari standar perusahaan.

2. Bersikap profesional

Saat wawancara negosiasi gaji, bersikaplah profesional. Hal ini akan menguntungkan. Pasalnya, bakal ada kesepakatan dalam bekerja di perusahaan tersebut, sehingga mendapat gaji diinginkan.

3. Percaya diri

Saat melamar sangat diperlukan sikap percaya diri. Ketika tidak dapat memproyeksikan diri sebagai pribadi yang percaya diri dan sedikit asertif, HRD akan selalu berada di atas angin dalam proses negosiasi.

Selain itu, sebagai calon pekerja yang sedang negosiasi gaji, yakinlah tentang apa yang diminta. Perusahaan akan lebih suka jika pelamar aktif berbicara. Hal itu lebih bernilai di mata perusahaan daripada hanya mengandalkan senyum, yang akan dianggap terlalu lugu.

4. Ubah pola pikir

Ubahlah pola pikir saat wawancara. Sesuaikan pola pikir dengan visi yang mampu membantu perusahaan mencapai tujuannya. Hal itu cukup ampuh membuat perusahaan tertarik dan memberikan nilai lebih dibanding kandidat lain.

Nah, perlu juga untuk memposisikan diri sebagai pemimpin perusahaan. Itu bertujuan untuk mengetahui gambaran dalam meningkatkan sebuah hasil, haruslah ada kontribusi dan nilai yang diberikan. (bel/may)