Pemkot Pasuruan Raih Predikat Memuaskan Terkait Pengawasan Kearsipan

511

Pasuruan (Wartabromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan raih predikat memuaskan dalam penganugerahan pengawasan kearsipan, Rabu (26/2/2020). Penghargaan tersebut diterima berdasarkan hasil pengawasan tahun 2019.

Penghargaan yang diterima Pemkot Pasuruan itu masuk dalam kategori Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Pemkot Pasuruan menempati peringkat XII dengan nilai 88,47.

Bertempat di Hotel Sunan, Surakarta, Jawa Tengah, Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Mebpan RB) memberikan secara langsung penghargaan tersebut. Penghargaan diterima langsung oleh Plt. Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo.

Teno tak hadir sendiri, kali ini ia hadir bersama Firmansyah, Kepala Bidang Kearsipan beserta Yudi Andi Prasetya, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan.

Yudi, menuturkan, ada beberapa unsur penunjang keberhasilan Pemkot Pasuruan. Unsur tersebut diantaranya penganggaran yang mencukupi untuk pengembangan pengelolaan kearsipan, lalu sarana prasarana kearsipan yang representatif. Tak hanya itu sumber daya manusia kearsipan yang mumpuni, hingga peran serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkot Pasuruan juga jadi penunjang.

Dalam arahannya, Tjahjo Kumolo menekankan pentingnya arsip, khususnya aset negara.

“Jangan sampai gedung atau cagar budaya hilang tanpa jejak karena ketiadaan arsip,” ujar Tjahjo Kumolo. (bel/**)