Pulang Umrah, Warga Kedungjajang Positif Corona

1880
Cak Thoriq, Bupati Lumajang saat beri keterangan terkait seorang warga yang dinyatakan positif corona.

Lumajang (WartaBromo.com) – Seorang warga Lumajang terkonfirmasi positif virus corona. Pasien diketahui baru pulang dari melaksanakan ibadah umrah.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang telah dilakukan di Jakarta, bahwa Kabupaten Lumajang dinyatakan telah positif corona, 1 orang,” jelas Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat press release di Kantor Bupati Lumajang.

Warga yang dinyatakan positif corona ini merupakan pria berinisial AS (55). Ia berasal dari Kecamatan Kedungjajang, Lumajang.

“Orang yang positif corona adalah sebelumnya melaksanakan ibadah umrah, yang telah kembali pada tanggal 10 Maret dan masuk RSUD Haryoto pada tanggal 20 Maret dan saat ini sedang diruang isolasi RSUD Haryoto,” lanjutnya.

Cak Thoriq menambahkan, saat ini pemerintah berupaya melakukan tracking terhadap warga yang melakukan kontak dengan pasien sebelumnya. Pasien diketahui berangkat bersama dengan 80 orang lainnya melalui travel Lumajang.

Baca Juga :   Polsek Bangil Bubarkan Hajatan Nikah tanpa Izin

“Kita akan mendeteksi sekaligus mencari kontak erat terdekat, siapa saja yang dilingkaran keluarganya berinteraksi erat. Dan siapa saja yang berkunjung, ziarah umrah, sekian waktu kedatangan umrah dilakukan,” lanjutnya.

Sementara itu, kondisi pasien yang bersangkutan disebutnya stabil. Hal ini dipaparkan oleh dokter Halimi Maksum, Kepala RSUD dr Haryoto Lumajang.

“Pasien dalam penanganan dokter spesialis paru. Pasien dalam posisi stabil, ada progress baik. Kita rawat, kita isolasi dengan benar,” tandasnya.

Sementara itu, 8 warga Lumajang masuk dalam Pasien dalam Pengawasan (PDP). Jumlah ini naik dari hari sebelumnya yang totalnya 5 warga.

Selaras, Orang dalam Pantauan (ODP) di Lumajang juga melonjak menjadi 74 warga. Padahal sebelumnya di angka 59 warga. (may/ono)

Baca Juga :   Rapid Test Negatif, Orang Tua Bayi Positif Covid-19 Nunggu Hasil Swab