Warga Kontak Langsung dengan Pasien Positif Corona akan Dites Kesehatan

745
Cak Thoriq, Bupati Lumajang saat beri keterangan terkait seorang warga yang dinyatakan positif corona.

Lumajang (WartaBromo.com) – Pemkab Lumajang melakukan tracking menyusul dinyatakannya seorang warga positif corona. Pihak yang pernah kontak langsung dengan pasien akan dites kesehatan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, pemkab berupaya mencari rombongan yang saat itu bersama jemaah umrah, pasien positif corona. Khususnya orang terdekat yang pernah kontak langsung dengan pasien.

“Kita akan mendeteksi sekaligus mencari kontak erat terdekat, siapa saja yang di lingkaran keluarganya berinteraksi erat. Dan siapa saja yang berkunjung, ziarah umrah, sekian waktu kedatangan umrah dilakukan,” jelasnya.

Nantinya, akan dilakukan tes kesehatan terhadap warga yang secara langsung melakukan kontak dengan pasien. Cek kesehatan dilakukan, dengan menggunakan alat rapid test yang diberikan oleh Pemprov Jatim pada Kamis (26/03/2020) malam.

“Dan tentu akan kita lakukan isolasi bagi beberapa keluarga yang erat dan dekat. Untuk kita awali dengan tes terlebih dahulu,” lanjutnya.

Dokter Halimi Maksum, Kepala RSUD dr Haryoto Lumajang menambahkan, petugas kesehatan juga dilakukan rapid tes. Setidaknya ada 3 petugas yang dites setelah melakukan kontak dengan pasien.

Hasil rapid test, petugas dinyatakan negatif corona.

“Selama melakukan perawatan, petugas memakai APD sesuai dengan aturan. Segala kontak dengan pasien tersebut juga selalu menggunakan APD,” tutupnya. (may/ono)