Sering Masak Gara-gara #Dirumahaja? Begini Tipsnya Agar Hemat Gas

1346

Pasuruan (Wartabromo.com) – Memasak, menjadi kegiatan yang sering dilakukan untuk mengusir rasa bosan ketika #dirumahaja. Apabila digunakan setiap hari, gas akan cepat habis.

Eits tenang, gak usah khawatir. Mengutip detik, ada trik yang bisa dilakukan agar pemakaiannya optimal namun hemat gas.

Apa saja?

1. Membersihkan kompor secara berkala

Ternyata, kompor yang bersih akan mempengaruhi boros tidaknya gas. Pasalnya, kotoran yang menyumbat selang membuat nyala api tak maksimal. Alhasil, proses memasak pun menjadi lama dan gas yang terpakai semakin banyak.

Maka dari itu, bersihkan kompor secara berkala. Paling tidak, 4 bulan sekali. Jika kompor bersih, aliran gas menjadi lancar dan api kompor akan biru. Inilah yang membuat panas kompor maksimal.

Baca Juga :   Digosipkan PDP Corona di Medsos, Teno: Saya Sehat dan Baik-Baik Saja

Selain memperhatikan kebersihannya, kondisi selang dan regulator juga harus selalu diperhatikan. Pasalnya, baik selang maupun regulator, merupakan sumber kekuatan sekaligus aliran gas dari tabung menuju kompor.

Nah, ketika selang dan regulator tidak dalam kondisi baik, dapat menyebabkan kebocoran halus yang membuat gas cepat habis. Bahkan, kebocoran regulator dapat memicu ledakan. Jadi, selalu cek kondisi selang dan regulator serta pastikan memasangnya dengan baik dan benar.

2. Teknik memasak

Seperti penjelasan pada poin sebelumnya, memasak dengan waktu lama akan membuat gas cepat habis. Coba untuk lebih cermat memilah masakan mana yang bisa dipangkas waktu memasaknya.

Misalnya, menggunakan panci presto. Meski rasanya sedikit berbeda, namun teknik ini dapat meminimalisir penggunaan gas berlebihan.

Baca Juga :   Ada 26 Pasien Positif Corona di Lumajang

Bisa juga dengan memanfaatkan tutup panci. Ya, saat menggunakan tutup, masakan akan lebih cepat matang. Selain itu, kandungan nutrisi makanan lebih terjaga.

3. Jenis peralatan masak

Selain teknik memasak, peralatan masak yang digunakan juga perlu diperhatikan. Wajan atau panci berbahan stainless steel sangat disarankan untuk digunakan. Meski harganya lebih mahal dibanding bahan alumunium, namun stainless steel merupakan pengantar panas yang baik.

Tak hanya itu, sesuaikan juga ukuran alat masak dengan porsi masakan. Pasalnya, alat masak yang besar membutuhkan waktu lebih lama untuk panas, sehingga gas akan lebih banyak terbuang.

Memasak tiap hari untuk mengusir bosan saat #dirumahaja? Siapa takut. (bel/may)