Hadapi Pandemi, Bupati Pasuruan Siapkan Tiga Program Utama

2056

Pasuruan (WartaBromo.com)- Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyiapkan tiga program utama untuk menghadapi dampak dari pandemi Covid-19 yang berlangsung saat ini.

Hal itu disampaikan Bupati di sela penyampaian pendapat akhir rapat paripurna II LKPj Bupati Tahun 2019, Senin (27/04/2020) malam.

Dikatakan Bupati, ketiga program utama dimaksud adalah penanganan Covid-19 dan peningkatan kapasitas kesehatan masyarakat dalam menghadapi pandemi.

Kemudian, penyelenggaraan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada mereka yang terdampak akibat wabah ini. Lalu, penanganan dampak ekonomi.

“Dampak dari pandemi ini dirasakan semua lapisan masyarakat. Termasuk pelaku usaha. Sebab itu, sudah ada tiga program utama yang kami siapkan,” terang Bupati

Dalam konteks itu, bersama DPRD setempat,  sebelumnya pihaknya juga telah melakukan realokasi-refocusing anggaran dalam rangka pembiayaan ketiga program tersebut.

Baca Juga :   Koran Online 25 Juli : Info Lengkap Pilkades di Pasuruan hingga Bripka Bertugas di Polres Pasuruan Kota Kena Kurung Gara-gara Nikah Sirri

“Tentu, kami juga berharap adanya masukan dari DPRD agar upaya penanganan yang dilakukan berjalan efektif dan efisien,” jelas politisi PKB ini

Masukan tersebut, lanjut Irsyad, tidak hanya dalam rangka penanganan, tetapi sekaligus upaya percepatan dan pemulihan situasi hingga kembali seperti semula.

Seperti diketahui, sekitar Rp 177 miliar disiapkan Pemkab Pasuruan pada tahap awal guna penanganan Covid-19. Belakangan, Pemkab kembali melakukan refocusing anggaran menyusul situasi pandemi yang belum menunjukkan tanda-tanda bakal segera berakhir. Diperkirakan, dana setengah triliun lebih dikumpulkan Pemkab dari realokasi ini. (asd/asd)