Fakta-fakta Didi Kempot, dari Pengamen hingga Jadi The Godfather of Broken Heart

2307

Solo (WartaBromo.com)  Penyanyi campursari kenamaan, Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa (5/5/2020). Sebelum meninggal, Didi Kempot terkenal dengan berbagai pencapaiannya.

Didi Kempot, penyanyi kelahiran 31 Desember 1966 ini memiliki banyak fans dari berbagai kalangan.

Ada beberapa fakta menarik dari Didi Kempot yang telah dirangkum WartaBromo. Berikut rangkumannya:

  1. Asal nama “Kempot”

Penyanyi asal Solo ini memiliki nama asli Didi Prasetyo. Lalu nama Kempot didapatkan karena Ia tergabung dalam Kelompok Penyanyi Trotoar (Kempot). Selain itu, dahulu pipi dari penyanyi berusia 53 tahun ini juga sempat terlihat seperti kempot.

  1. Pernah jadi pengamen

Siapa sangka, sebelum bernyanyi dari panggung ke panggung besar, pria yang khas dengan pakaian jawa ini sempat menjadi pengamen jalanan. Lalu pada tahun 1984, Didi Kempot dkk merantau ke Jakarta untuk masuk dapur rekaman.

Baca Juga :   Penyanyi Didi Kempot Tutup Usia

Lalu kemudian mereka merekam lagu sendiri, dan menawarkan kepada produser. Beruntung, akhirnya ada produser yang menyukai lagu-lagu karya Didi Kempot dan akhirnya merilis album.

  1. Terkenal hingga Suriname

Selain dikenal oleh warga Indonesia, Didi Kempot juga memiliki nama besar di Suriname. Negara yang warganya juga banyak keturunan Indonesia ini masih menggunakan Bahasa Jawa. Sehingga lagu-lagu ciptaan Didi Kempot memiliki arti tersendiri bagi warga Suriname.

“Pernah ke Suriname, disamperi di ruang ganti oleh Presiden Suriname. Saya senang sekali,” ujarnya saat wawancara dengan Persprektif Metro TV beberapa waktu lalu.

Karena hal ini lah, Didi Kempot menciptakan sebuah lagu berjudul Kangen Nickerie. Lagu ini menjadi salah satu bentuk ucapatan terimakasih kepada warga Suriname. Nickerie diketahui merupakan salah satu distrik di Suriname.

  1. Diberi julukan The Godfather of Broken Heart
Baca Juga :   Penjaja Es Krim Meninggal di Atas Motor

Baru-baru ini, Didi Kempot memiliki julukan baru yang diberikan oleh anak muda. Julukan tersebut yakni The Godfather of Broken Heart. Ini lantaran Didi Kempot selalu menciptkan lagu-lagu bertema patah hati.

Nah, lagu-lagu ini menyedot berbagai penggemar baik tua ataupun kaum muda. Bahkan, Didi Kempot juga seringkali disebut “Lord” oleh Sobat Ambyar (sebutan untuk fans).

“Membanggakan buat saya, ternyata anak-anak muda kenal dengan saya. Bisa saya bilang, bukan show saya aja, tapi penontonnya juga ikut turut show. Luar biasa,” kata Didi Kempot.

  1. Punya lebih dari 700 lagu

Berkarir selama 30 tahun, membuat Didi Kempot memiliki ratusan lagu. Ia mengaku setiap tahun bisa menghasilkan 3-4 album baru.

Baca Juga :   Pasien Meninggal Setelah Dinyatakan Sembuh, Begini Penjelasan Gugus Tugas Covid Jatim

“Total album kira-kira 70-an. Rata-rata ada 700an lagu,” katanya.

Banyaknya lagu ini karena Didi Kempot suka sekali menuliskan lagu. Terlebih menjadi penyanyi adalah impian sejak dahulu kala, dengan perjuangan yang tak mudah. (may/ono)