Bekerja Berat Saat Puasa, Boleh Mokel?

2143

Pasuruan (Wartabromo.com) – Selama bulan Ramadan semua bekerja seperti biasa meski sedang berpuasa. Terkadang, bagi pekerja yang bekerja di bawah terik matahari merupakan tantangan yang cukup berat.

Lantas, bolehkah mokel atau tidak puasa?

“Berbagai pekerjaan berat seperti kuli bangunan, petani, tukang becak, atau pekerja proyek jalan raya atau dimanapun tetap wajib puasa Ramadan,” Ust. Zubair Dhofir, Asatidz LDNU Kabupaten Pasuruan.

Diungkap kemudian, diperbolehkan membatalkan puasa apabila memenuhi 6 syarat. Keenam syarat itu adalah sebagai berikut:

1. Pekerjaan tidak dapat ditunda sampai bulan Syawal;

2. Pekerjaan tersebut tidak bisa dikerjakan di waktu malam, atau ada halangan jika dikerjakan di waktu malam;

3. Ada kesulitan jika melanjutkan puasanya yang sekiranya kesulitan itu seimbang. Umpama wudhu dapat dilakukan dengan tayamum, umpama salat berdiri dapat dilakukan dengan duduk, setingkat itu kesulitannya;

Baca Juga :   Tak Ada Salat Idul Fitri di Masjid Kabupaten Probolinggo

4. Orang yang bekerja berat harus ada niat puasa di waktu malam dan pagi. Ketika belum ada kesulitan, tetap wajib puasa;

5. Bagi pekerja berat, ketika mokel atau berbuka saat siang hari harus ada niatan melaksanakan kemurahan dari Allah karena pekerjaannya berat;

6. Mokel atau tak berpuasa, tidak boleh dibuat tujuan, kebiasaan. Atau, sengaja bekerja berat hanya untuk tidak puasa. Tentu hal itu tidak diperbolehkan.

“Maka dari itu, perhatikan, jangan jadi kebiasaan,” lugasnya.

Nah, apabila 6 syarat tersebut terpenuhi semua, maka pekerja berat boleh tidak puasa. Hal yang perlu diingat, membatalkan puasanya ketika sudah bekerja dan ketika sudah mendapatkan kesulitan dan keberatan jika puasa dilanjutkan.

Baca Juga :   Jangan Lakukan Ini Jika Tak Ingin Amal Kebaikan Hilang

Ust. Zubair berharap, di dalam bulan Ramadan umat muslim harus betul-betul menjaga agar dapat melaksanakan apapun yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangan-Nya. Dengan begitu, kita akan mendapat pengampunan dari Allah SWT. (bel/ono)