Insan GenRe Binaan KB dan PP Salurkan Donasi

1181

Pasuruan (Wartabromo.com) – Gelora remaja sebaiknya disalurkan pada kegiatan-kegiatan yang positif. Mereka perlu wadah dan pembinaan. Di Jawa Timur, muncul sebuah gerakan serentak GenRengers Jawa Timur yang diberi nama AKRAB (Aksi Remaja Berbagi).

Pada 15 Mei 2020 lalu merupakan puncak peringatan gerak serentak GenRengers Jawa Timur, AKRAB ini. AKRAB dibentuk dalam menunjukkan rasa kepedulian dan percepatan penanganan wabah Covid-19 dengan membagikan 1.000 masker, 441 sembako, 20 hazmet, dan 20 faceshield kepada keluarga ekonomi menengah ke bawah dan anak yatim-piatu yang terdampak pandemi Covid-19.

Kegiatannya diawali dengan penggalangan donasi, mulai 27 April sampai 8 Mei 2020. Dalam penggalangan donasi itu mendapatkan respons positif dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya donasi yang terkumpul. Sebanyak 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur melakukan galang dana. Kemudian hasil donasi disalurkan ke-22 kabupaten kota di Jawa Timur dan disiarkan secara langsung melalui Live Instagram @genre_jatim.

Baca Juga :   Truk vs Bus Rombongan Ziarah Tabrakan di Rejoso, Kenek Terjepit
PEDULI COVID-19: Penyerahan Faceshild dan Hazmet dilakukan GenRe ke Puskesmas Wonorejo.

Kabupaten Pasuruan menjadikan Kecamatan Wonorejo sebagai lokasi penyaluran hasil galang dana berupa; 35 paket sembako, 100 unit masker, 20 faceshield, dan santunan anak yatim-piatu.
Kegiatan itu murni dari insan GenRe binaan Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB dan PP) Kabupaten Pasuruan. Sebuah bentuk kepedulian dari generasi berencana.

“Kita berupaya membantu mengarahkan dan memfasilitasi dengan dibantu PKB atau penyuluh keluarga berencana Kecamatan Wonorejo,” ujar Kepala Dinas KB dan PP, Loembini Poedjati Lajoeng didampingi sekretarisnya, Luluk Yuli Wulandari.

Kegiatan ini menurutnya menjadi hal yang sangat dinantikan masyarakat. Karena kondisi saat ini menyebabkan aktivitas sehari-hari tidak berjalan seperti biasanya. Bekerja dan bersosialisasi sangat dibatasi. Hingga akhirnya berdampak pada tidak adanya pemasukan bagi keluarga.

Baca Juga :   Penuhi Kebutuhan Hidup, Alasan Ibu asal Pandaan Gadaikan Bayinya

Oleh karena itu, bantuan paket sembako ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Untuk pembagian Faceshield sepenuhnya diserahkan ke Puskesmas Wonorejo, sebagai bentuk kepedulian terhadap tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah ini.
Segala persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini diorganisir oleh Insan GenRe Jawa Timur dengan  bekerjasama Insan GenRe Kabupaten Pasuruan.

“Luar biasa respon dari Insan GenRe menyikapi kondisi sosial yang memprihatinkan saat ini. Selamat berjuang dan meraih berkah di bulan Ramadan. Terus berkarya dan dapat menginspirasi remaja di Kabupaten Pasuruan,” tuturnya. (day/day)