Khofifah: SPP Siswa SMA/SMK Negeri di Jatim Gratis

1022

Surabaya (WartaBromo.com) – Gubernur Jawa Timur tegaskan SPP untuk siswa SMA/SMK Negeri di Jawa Timur gratis. Ia kemudian meminta warga melaporkan sekolah yang melakukan pungutan wajib ke Dinas Pendidikan masing-masing wilayah.

“Saya ingin menegaskan bahwa SPP bagi siswa SMA/SMK Negeri di seluruh penjuru Jawa Timur gratis. Sementara untuk swasta, akan diberikan subsidi secara proporsional. Semua ditanggung oleh APBD Provinsi  Jawa Timur,” jelas Khofifah melalui akun sosial media resminya.

Dijelaskan kemudian, SPP gratis ini sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2019 lalu. SMA/SMK Negeri di Jawa Timur diminta untuk mengoptimalkan dana BOS dan juga dana APBD provinsi Jawa Timur.

Sementara untuk SMA/SMK swasta, pemprov Jatim akan memberikan subsidi khusus. Artinya, siswa tak membayar full untuk SPP karena sudah diberi subsidi.

“Kebijakan ini untuk meringankan beban masyarakat sekaligus meminimalisir jumlah anak putus sekolah di Jatim. Jika ada sekolah yang melanggar atau melakukan pungutan bersifat wajib silahkan laporkan ke Dinas Pendidikan setempat agar segera kami tindaklanjuti,” tegasnya.

Sekadar diketahui, pada 13 Juli mendatang siswa di Jatim akan memasuki tahun ajaran baru. Namun demikian, proses belajar mengajar masih dilaksanakan di rumah atau secara daring, karena pandemi Covid-19. (may/ono)