Tahun Ini Rekrutmen CPNS Ditiadakan

690

Jakarta (WartaBromo.com) – Tahun ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meniadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebab, seleksi CPNS tahun 2019 masih belum tuntas.

“Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan,” ujar Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo dalam rilis resminya.

Tjahjo mengatakan, peniadaan rekrutmen tahun ini karena seleksi CPNS pada tahun lalu masih belum tuntas. Rekrutmen CPNS 2019 yang memasuki tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terhambat karena Covid-19.

“SKB akan dilanjutkan bulan September-Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Kementerian PANRB dan BKN terus melakukan koordinasi dengan BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan, untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan,” lanjut Tjahjo.

Setelah Seleksi CPNS 2019 usai, maka akan dilakukan rekrutmen kembali. Tjahjo mengatakan, rencananya seleksi CPNS akan kembali digelar pada 2021.

Saat ini proses pengajuan untuk seleksi CPNS 2021 sudah mulai dilakukan. Di antaranya proses verifikasi dan validasi pada masing-masing daerah. Namun demikian, rekrutmen juga tetap berdasarkan kebutuhan masing-masing instansi. (may/ono)