Menurunkan Masker ke Dagu Ternyata Berisiko!

1129

Pasuruan (Wartabromo.com) – Memakai masker kini sudah menjadi kebiasaan dalam keseharian. Sayangnya, tak sedikit orang yang melakukan kesalahan seperti menurunkan masker ke bagian dagu.

Beberapa waktu lalu, Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, mengungkapkan, menurunkan masker ke dagu sangat tidak disarankan karena dapat meningkatkan risiko terjangkit virus corona. Pasalnya, tindakan tersebut dapat mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin menempel di dagu.

“Kita tidak menyadari bahwa menurunkan masker ke dagu itu sama dengan mencemari bagian dalam masker dengan penyakit yang mungkin nempel di dagu,” ungkap Yuri dalam konferensi persnya.

Sementara itu, Shan Soe-Lin seorang dokter spesialis anestesiologi dan dosen di Yale School of Medicine mengatakan, ada 2 kemungkinan cara virus menyebar akibat meletakkan masker di dagu.

Pertama, hidung dan mulut yang menjadi area penting tidak terlindungi. Kedua, meletakkan masker kotor ke dagu sama dengan memindahkan kuman dan bakteri dengan lebih mudah terhirup melalui hidung.

Bagaimana tidak, bagian dagu merupakan area ‘terekspos’ yang tidak tertutup penuh oleh masker. Akibatnya, bagian dalam masker yang menghadap ke mulut bisa terkontaminasi dengan kuman atau virus yang menempel di daerah dagu. Begitupun sebaliknya, bakteri pindah dari mulut ke dagu.

Maka dari itu, ketika berada dalam situasi seperti ketika makan atau minum, dianjurkan untuk melepas masker seluruhnya. Jika memungkinkan, gunakan masker baru yang steril ketika membutuhkannya kembali. (bel/may)