PAN Bergeming, Dukungan Masih untuk Ismail Nachu

1390

Pasuruan (WartaBromo.com) – Di tengah dinamika figur-figur yang bermunculan menjelang pilwali Kota Pasuruan 2020 tidak mengubah pendirian Partai Amanat Nasional (PAN). Sampai saat ini dukungan PAN masih untuk Ismail Nachu.

Sebelumnya PAN memang telah menyatakan secara terbuka dukungannya kepada Ismail Nachu. Menurut Ketua DPD PAN Kota Pasuruan, Helmi, dukungan tersebut adalah instruksi dari DPP.

Helmi juga menegaskan, bahwa dukungan PAN kepada Ismail Nachu itu bukan berbentuk rekomendasi, melainkan hanya instruksi lisan dari DPP kepada DPD setelah mempertimbangkan beberapa figur lainnya.

“Bukan rekomendasi. Itu perintah secara lisan dari DPP waktu itu,” kata Helmi kepada WartaBromo (03/08/2020).

Sampai saat ini, lanjut Helmi, dukungan PAN kepada Ismail Nachu dipastikan masih belum berubah. Sementara secara kelembagaan, PAN sudah melakukan penjajakan dengan beberapa parpol di Kota Pasuruan.

Beberapa parpol itu antara lain Gerindra, PKS, PPP, dan PKB. Kabarnya PAN dan 3 Parpol ini menyodorkan ke PKB nama Ismail Nachu untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB, hingga nanti bisa bertarung di pilwali.

Mengenai tiba-tiba munculnya nama Gus Ipul, Helmi menanggapi, PAN kurang pas dengan figur Gus Ipul. Menurut PAN, level Gus Ipul adalah kontestasi nasional dan bukan lagi di tingkat daerah.

Namun meski demikian, Helmi menambahkan, hal itu tidak memengaruhi komunikasi PAN dengan 4 Parpol tersebut. Sampai kini, komunikasi politik antar Parpol masih intens, berjalan baik,

“Sampai sekarang kami (PAN, PKS, PPP, Gerindra, PKB) masih solid. Masih intens diskusi,” imbuh Helmi. (tof/ono)