Mengenal Jajangmyeon, Panganan Penghibur Kaum Jomblo

697

Pasuruan (Wartabromo.com) – Penggemar K-drama pasti tak asing dengan mie hitam khas korea. Ya, jajangmyeon identik dengan para jomblo di Korea Selatan (Korsel).

Mengutip detik, di Korsel, makanan yang termasuk dalam kategori mie ini merupakan sarana penghibur para jomblo. Pasalnya, warga negeri ginseng memperingati hari unik bernama black day setiap 14 April.

Sekadar diketahui, black day adalah perayaan 2 bulan setelah valentine day. Tujuannya hanya sekedar menghibur para jomblo yang tidak mendapat bunga atau hadiah lain saat valentine day.

Biasanya, saat black day para jomblo kumpul bersama menggunakan baju hitam, kutek hitam, aksesoris hitam, hingga sepatu hitam. Nah, makanan yang disajikan tentu saja mie dengan saus kental berwarna hitam, jajangmyeon.

Bahkan, bagi orang Korea, jajangmyeon dianggap ‘comfort food’ bagi yang memakannya dengan harapan dapat mengobati kesedihan.

Para pembuat jajangmyeon mendapatkan warna hitam dari chunjang (pasta kacang hitam khas Korea yang dibuat dari fermentasi tepung terigu, kedelai hitam, dan saus karamel). Rasa chunjang pun macam-macam, ada yang asin, asam ataupun manis.

Berbagai sayuran, daging, atau seafood pun bisa dipilih untuk melengkapi hidangan satu ini.

Ada yang sudah coba Jajangmyeon? (bel/may)