Mau Lahiran Normal Minim Rasa Sakit? Metode Salsabila Bisa Jadi Pertimbangan

899

Pasuruan (Wartabromo.com) – Melahirkan normal menjadi impian setiap wanita. Sayangnya, rasa takut sering menyelimuti sebab sakitnya yang tak biasa.

Rasa sakit akibat kontraksi pertanda bayi akan lahir akan dirasakan setiap calon ibu. Umumnya, calon ibu akan mengalami rasa mulas dan sakit dalam selang waktu dan durasi yang bervariasi.

Itu semua wajar kok. Terlebih, bagi yang baru kehamilan pertama.

Tapi, seiring perkembangan ilmu kedokteran, rasa mulas atau sakit yang biasa dialami saat melahirkan normal dapat diminimalisir. Caranya, dengan menggunakan obat pengurang rasa sakit (analgesik). Metode itu disebut persalinan Salsabila.

dr. Gita Pratama, SpOG, seorang dokter kandungan, menjelaskan, metode Salsabila dalam dunia medis disebut dengan Intrathecal Labor Analgesia (ILA).

“Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan obat ke saraf tulang belakang bagian bawah pada saat persalinan memasuki pembukaan 4 atau lebih,” ujar dr. Gita, dikutip dari kumparan.

Lebih lanjut dikatakan, meski tetap bisa merasakan kontraksi, rasa nyeri yang ditimbulkan telah jauh berkurang. Itu lantaran reaksi obat membuat calon ibu mati rasa di bagian pinggang hingga kaki. Dengan demikian, saat proses persalinan, calon ibu akan merasa lebih nyaman.

Sekadar diketahui, pemberian obat dilakukan oleh dokter spesialis anestesi. Proses persalinannya pun harus didampingi dokter spesialis obstetri ginekologi.

Jadi, saat akan menentukan metode persalinan, ada baiknya konsultasi kepada dokter yang bersangkutan. Pasalnya, setiap orang memiliki kondisi kehamilan yang berbeda-beda. Tentu, tindakan yang akan direkomendasikan juga akan menyesuaikan. (bel/may)