Waduh! Ini Penyebab Jerawat yang Jarang Diketahui

1050

Pasuruan (WartaBromo.com) – Jerawat menjadi momok sendiri untuk kaum muda, khususnya perempuan. Lalu sebenarnya, apa itu jerawat? Dan hal apa saja yang secara tidak langsung dapat menyebabkan munculnya jerawat?

Clarin Hayes, dokter sekaligus beauty and healthy vlogger mengatakan, jerawat adalah proses peradangan kronis dari polikel rambut di wajah dan kelenjar minyak di dalamnya yang disebabkan karena 4 penyebab utama, yakni :

  1. Peningkatan produksi sebum (minyak wajah)
  2. Tersumbatnya pori-pori di wajah
  3. Bakteri Propionibacterium acnes
  4. Reaksi peradangan (inflamasi)

Beberapa kebiasaan yang tidak kita sadari bisa menyebabkan jerawat :

  1. Malas cuci muka

Malas cuci muka ini membuat kotoran yang ada di wajah menumpuk. Ini karena wajah tidak tertutupi oleh pakaian, atau penutup seperti badan, jadi potensi kotoran menumpuk di wajah itu lebih banyak. Penumpukan kotoran itu, menyumbat pori-pori di wajah, akhirnya wajah kekurangan oksigen dan membuat bakteri ikut menumpuk di wajah. Akibatnya muncullah jerawat.

  1. Main Handphone

Ini pasti membuat banyak yang membaca artikel ini penasaran. Mengapa main handphone? Karena secara tidak sadar nih, ketika tangan kita digunakan untuk bermain smartphone (permukaan touch screen), padahal tangan kita kotor, karena telah menyentuh banyak barang.

Akhirnya pada layar smartphone menumpuklah bakteri-bakteri jahat. Lalu setelah itu menempelah handphone ke pipi saat ada telpon. Alhasil, bakteri itu ikut terbawa ke pipi, dan menumpuk disana. Secara tidak sadar, itu bisa memicu pertumbuhan jerawat.

Maka dari itu, hindari telpon dengan menempelkan handphone ke pipi.

  1. BAB Tidak Lancar

BAB tidak lancar ternyata tidak hanya membuat masalah pada perut kita, namun juga bisa menjadi pemicu terjadinya jerawat. Menurut beberapa penelitian kesehatan yang berhasil kami rangkum, sampah kotoran di tubuh yang harusnya bisa di keluarkan oleh usus besar, akhirnya diserap karena tidak bisa keluar. Ini membuat feses menjadi keras.

Air yang diserap terus menerus oleh usus besar ini  mengandung racun yang seharusnya di keluarkan oleh tubuh. Air yang diserap usus besar akhirnya mencari jalan keluar lain, salah satunya dari kulit. Termasuk kulit wajah. Tempat keluar yang tidak tepat ini juga bisa menjadi salah satu sebab jerawatan.

  1. Menggunakan produk hair care

Penggunaan hair care sering kali kita gunakan untuk merawat rambut supaya indah dan sehat. Namun, hal ini secara tidak sadar mengenai bagian wajah kita. Apalagi jika hair care tersebut berbentuk spray. Ini karena produk tersebut tidak ramah kulit, namun scalp only. Lama-kelamaan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, lalu meradang (inflamasi).

  1. Makan-makanan yang manis.

Mengapa manis? Karena terlalu sering mengkonsumsi makanan manis, dapat meningkatkan produksi hormon insulin. Hormon inilah yang dapat meningkatkan sebum (minyak wajah).

Penjelasan ini sering kali diabaikan, karena beberapa orang menganggap, peningkatan produksi minyak pada wajah karena sering mengkonsumsi gorengan. Padahal belum ada keterangan dalam penelitian mengenai hal itu.

Lalu, ketika sudah mengetahui penyebab jerawat pada wajah. Bagaimana cara mengatasinya? Nah ini dia beberapa tips yang dapat membantu menghilangkan dan mencegah jerawat datang di wajah :

  1. Cuci muka secukupnya, tidak berlebihan

Usahakan cuci muka secukupnya, jika kurang bisa menyebabkan wajah jerawatan, jika berlebihan juga dapat menyebabkan wajah kering.

  1. Hati-hati menggunakan hair care

Hati-hati saat menggunakan barang apapun termasuk hair care. Usahakan tidak mengenai bagian wajah. Jangan lupa pastikan tangan bersih saat akan menyentuh bagian wajah.

  1. Hindari sinar matahari

Hindari terkena langsung sinar matahari, terutama pada jam 10- 12 siang. Radiasi UV ini bisa menyebabkan iritasi pada wajah dan kulit. Gunakan Sunblock/suncare saat siang hari. Ini berlaku baik saat berada di dalam ruangan/di luar ruangan. Karena sinar UV bisa menembus ruangan (Sangking kuatnya).

  1. Kurangi mengkonsumsi makanan manis

Kurangi mengkonsumsi makanaan/minuman dengan kadar gula berlebih. Selain tidak baik untuk tubuh, juga tidak baik untuk wajah.

  1. Olahraga

Olahraga selalu menjadi solusi untuk kesehatan tubuh termasuk pencegahan jerawat. Karena olahraga dapat mengeluarkan toxin melalu keringat.

  1. Just Relax

Stress bisa meningkatkan hormone kortisol yang dapat meningkatkan inflamasi, sehingga bisa menimbulkan jerawat. So, just relax and enjoy your life! (may/ono)