Keren! Pedagang Ayam Pasar Pandaan Upacara Agustusan

1543

Pandaan (wartabromo.com) – Semarak hari kemerdekan memang dirasakan seluruh masyarakat Republik Indonesia. Tak terkecuali juga para pedagang ayam di Pasar Pandaan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Senin (17/8/2020).

Dengan sikap tegap sempurna, mereka berbaris rapi dihadapan tiang bendera sang saka merah putih. kemudian disusul barisan sepeda motor dan rombong pengangkut ayam, juga berjajar rapi dibelakang perserta upacara.

“Kami paguyuban pedagang ayam ini, 1 bulan sekali kumpulan rutin. Dari rumah ke rumah. Di bulan Agustus ini kita terpikir melakukan upacara di dalam pasar secara sederhana. Dan jadinya seperti ini,” jelas Ketua Paguyuban Pedagang Ayam Pasar Pandaan, M. Fauji.

Dalam upacara sangat sederhana itu, aura kehidmatan dan keceriaan bisa dirasakan oleh semua orang yang mengikuti upacara tersebut.

Baca Juga :   Warga Dusun Ngayunan Beji Gelar Upacara Detik - Detik Proklamasi

Meski dengan pakaian seadanya, pada pedagang ayam ini pun juga sangat semangat berdiri dengan sikap tegak sempurna dengan posisi hormat, sambil menyanyikan lagu Indonesia Raya. Meski kadang mereka ada yang tidak hafal dan salah lirik dalam menyanyikanya.

“Tadi itu, pokoknya jadi. Kita buat tiang bendera dan sound system, lalu kita upacara,” ucapnya.

Fauji mengatakan, poin penting dalam upacara yang sederhana itu, para pedagang ayam di Pasar Pandaan ini ingin mengenang jasa para pahlawan yang memerdekakan indonesia ini.

“Kita ingin mengenang jasa para pahlawan,” tambahnya

Di hari kemerdekaan Indonesia pada tahun depan (2021), para paguyuban pedagang ayam pasar pandaan ini bertekad untuk menggelar upacara hari kemerdekaan lagi, dengan persiapan yang lebih matang.

Baca Juga :   Pria Tua Ditemukan Meninggal di Pasar Pandaan

“Insyaallah tahun depan acaranya (upacara) akan kami sempurnakan,” pungkasnya. (moc/yog)