Tagih Umbulan Park yang Mangkrak, Lima Kali Rapat Tak Ada Hasil

2092
GERSANG: Suasana di Umbulan Park yang panas karena minim perindangan.

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pembangunan fasilitas umum Umbulan Park di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, mangkrak. Warga pun menagih janji pemerintah untuk segera menuntaskan proyek yang merupakan bagian dari kompensasi SPAM Umbulan itu.

Diketahui Umbulan Park merupakan kompensasi dari megaproyek SPAM Umbulan. Rencananya, jika pembangunan Umbulan Park beres, wahana rekreasi itu akan diserahkan kepada pemerintah desa.

“Sementara ini ya kita nunggu. Nunggu janji-janji,” kata Kades Umbulan, Solihan, kepada WartaBromo, Senin (31/08/2020).

Solihan mengaku sudah lima kali rapat, baik dengan Pemprov Jatim maupun dengan PT Meta Adhya Tirta Umbulan. Namun realisasi dari rapat tersebut sampai sekarang belum ada.

Saat ini yang sudah terbangun di lahan seluas 2 hektare tersebut baru 2 kolam renang kecil dan beberapa kios yang diperuntukkan bagi PKL.

Namun para PKL pun masih enggan menempati lokasi tersebut karena memang dirasa pembangunan dan fasilitasnya belum cukup.

Dulu awal-awal masuk ke Umbulan, Pemprov dan PT Meta menyampaikan, proyek di Umbulan ada Umbulan besar (SPAM) dan Umbulan kecil yang diwujudkan dalam berbagai bentuk kompensasi. Salah satunya Umbulan Park.

Menurut Solihan, saat itu mereka menjanjikan proyek SPAM tidak akan dilaksanakan selama kompensasi (Umbulan Park) ke desa belum 100%.

“Jadi sekarang kami tagih janji itu,” imbuh Solihan.

Sementara itu, terpisah, Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pasuruan, Hari Aprianto menargetkan tahun ini kelanjutan Umbulan Park itu bisa selesai.

“Tadinya mau diserahkan ke Pemkab, sebelum dilimpahkan ke desa. Tapi, karena ada beberapa bagian yang kurang, kami tolak. Mudah-mudahan tahun ini selesai,”  jelas Hari. (tof/asd)