Pemkot Pasuruan Apresiasi Pelaksanaan Simulasi Pengamanan Pilkada 2020

1505

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kota Pasuruan mengapresiasi pelaksanaan simulasi pengamanan Pemilihan Walikota (Pilwali) 2020. Kegiatan tersebut dilakukan agar menciptakan pemilu yang aman dan damai.

Digelar di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, simulasi pelaksanaan Pilkada Kota Pasuruan dilakukan oleh Polres Pasuruan Kota, KPU Kota Pasuruan, Bawaslu Kota Pasuruan, BPBD Kota Pasuruan dan RSUD Soedarsono Kota Pasuruan. Pelaksanaannya pun berjalan dengan lancar.

Plt. Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan simulasi ini sangat penting dilakukan agar Pemilu di Kota Pasuruan ini aman dan damai. Dan lagi tidak ada kerusuhan dalam gelaran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

“Saya apresiasi kegiatan ini, agar tercipta pemilu yang aman damai dan kondusif,” kata Kokoh saat berada di GOR Untung Suropati, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga :   Ini Motif Pelaku Tusuk Pemuda Blandongan

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi tindakan-tindakan oknum-oknum yang dapat membuat kerusuhan dan melanggar undang-undang tindak kejahatan dalam rangka Pilkada di Kota Pasuruan.

Sementara itu, simulasi Pilkada ini meliputi pengamanan objek vital, pengamanan pemungutan dan perhitungan suara, pengamanan distribusi logistik, pengamanan personil, pengamanan rekapitulasi mulai dari tingkat PPK sampai KPU dan Pengamanan di setiap tahapan.

Bukan hanya pengaman proses Pilkada, kesehatan petugas, calon Walikota, Wakil Walikota hingga pemilih dipastikan harus menerapkan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan juga untuk mengurangi resiko penularan covid-19 saat Pilwali 2020 digelar. (don/**)