Manusia Bisa ‘Kerjasama” dengan Makhluk Astral Ini

1182

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Zaman memang sudah serba sanggih. Tapi, masih ada saja orang-orang yang masih mempercayai hal makhluk astral untuk diajak ‘kerjasama’.

Mengutip berbagai sumber, tidak semua makhluk gaib bisa dijadikan ‘rekan’. Hanya beberapa jenis saja yang biasanya membuat perjanjian dengan manusia. Apa saja?

1. Tuyul

Tuyul memang identik dengan pesugihan. Bahkan, makhluk tak kasat mata yang diganbarkan sebagai sosok anak kecil bercelana pendek dan kepala plontos ini populer diantara lainnya.

Konon, kepopulerannya itu lantaran loyalitas yang tinggi terhadap tuannya dan mudah diajak kerjasama. Inilah yang membuat keinginan tuannya mudah terkabul.

2. Genderuwo

Jika Tuyul mudah diajak ‘kerjasama’, berbanding terbalik dengan genderuwo. Apabila manusia ingin mengendalikan genderuwo, manusia harus bertarung terlebih dahulu.

Apabila manusia menang, genderuwo akan menunjukkan loyalitasnya dalam bekerja. Bahkan genderuwo tak segan menyingkirkan apa saja yang menghalangi jalan majikannya.

3. Siluman

Ada juga bangsa siluman, yang juga digunakan dalam hal pesugihan. Konon, siluman memiliki banyak jenis. Bentuknya juga beragam dan bisa menyerupai apapun. Misalnya saja, siluman buaya dan ular yang biasanya digunakan dalam praktik pesugihan.

4. Jenglot

Mirip dengan genderuwo, jika ingin mangajak jenglot bekerjasama, manusia harus melakukan sesuatu. Biasanya, jenglot mengajukan persyaratan yang cukup membahayakan hidup tuannya. Persyaratan itu bisa berupa darah segar dari sanak keluarga.

5. Khodam

Khodam juga dikenal dengan jin penjaga. Cara kerja khodam ini bergantung pada tujuan si manusia. Apabila hidupnya hitam, maka hitam pula tujuan si khodam itu. Begitupun sebaliknya.

Meskipun mereka memiliki loyalitas, bekerjasama dengan mereka sangat tidak dianjurkan. Bagaimanapun juga, sebagai manusia beriman hendaknya tidak bersekutu selain hanya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Pasalnya, tak sedikit yang akhirnya dikhianati oleh mereka. (bel/ono)