Kapolri Ubah Seragam Satpam, Jadi Mirip Polisi

1505

Jakarta (WartaBromo.com) – Kapolri Jenderal Idham Azis instruksikan pergantian seragam satuan pengamanan (satpam). Pakaian Dinas Harian (PDH) Satpam terbaru yakni mirip dengan seragam kepolisian.

Hal ini tertuang dalam Perpol Nomor 4 Tahun 2020 Tentang PAM Swakarsa. Dijelaskan dalam aturan, PDH Satpam yang semula berwarna putih untuk dinas pagi, dan biru tua untuk malam hari, diubah dengan warna cokelat. Seragam ini sekilas mirip dengan kepolisian.

“Memuliakan profesi satpam dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah masyarakat,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Awi Setiyono dilansir dari Tempo.

Ditambahkan Awi, sedianya ada lima pakaian dinas untuk satpam. Instansi diberi tenggat waktu untuk segera melakukan pergantian seragam ini.

“Sistem manajemen pengamanan organisasi perusahaan dan atau instansi lembaga pemerintah tetap dapat digunakan dan wajib menyesuaikan dengan peraturan kepolisian ini paling lambat satu tahun terhitung sejak peraturan kepolisian ini diundangkan,” tutupnya.

Sekadar diketahui, selain melakukan pergantian seragam, kini anggota Satpam juga akan memiliki pangkat. Setidaknya ada tiga golongan pangkat yang bisa didapatkan, yakni manajer; supervisor; dan pelaksana.

Nah, golongan tersebut bisa didapatkan, jika satpam mengikuti pelatihan yang digelar Polri atau Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP). Tentunya pelaksana harus memiliki Surat Izin Operator (SIO) jasa pelatihan. (may/ono)