Dirut Bank Jatim Dampingi Gubernur untuk Salurkan Bantuan Masyarakat

972
BLT DD: Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bantuan BLT DD kepada warga dengan didampingi Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Imam. BLT DD dilakukan dengan mengunakan virtual account langsung ke penerima bantuan.

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan Bantuan Langsung kepada masyarakat. Bantuan itu berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM).
BLT DD dengan mengunakan virtual account langsung ke penerima bantuan.

Acara pemberian bantuan dipusatkan di Dusun Biru Desa Randugong, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan. Bantuan tersebut langsung diberikan oleh Gubernur Jawa Timur didampingi Direktur Utama Bank Jatim dan pejabat Pemda terkait.

KREDIT PUNDI KENCANA: Gubernur Khofifah menyerahkan Kredit Pundi Kencana kepada salah satu petani, dalam hal ini untuk pertanian jagung senilai Rp 100 juta.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, selain untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, bantuan-bantuan yang telah disalurkan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur. “Apa yang diterima semoga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Khofifah saat memberikan sambutan, Senin (28/09).

Gubernur juga berpesan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena itu adalah salah satu cara paling kecil untuk melindungi diri dari virus corona. “Tetap menggunakan masker, jaga jarak dan rajin menjaga kebersihan,” harapnya.

KREDIT DANA BERGULIR: Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Imam (kiri) menyerahkan kredit dana bergulir senilai Rp 150 juta kepada PP Urip Mulyo Purwodadi.

Sementara itu, Busrul Imam, Direktur Utama Bank Jatim mengatakan, Bank Jatim memang berkewajiban untuk turut berkontribusi dalam menggerakkan kembali perekonomian di Jawa Timur.
Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan melalui Dana Bergulir, Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Restrukturisasi Bagi Debitur.

“Untuk saat ini memang kami memberikan bantuan Dana Bergulir dan PEN,” kata Busrul yang juga didampingi Pimpinan Cabang Bank Jatim Pasuruan, Deddy Ajie Wijaya.

DARI PROVINSI: PP Sido Makmur Pandaan juga menerima kredit dana bergulir dari Provinsi Jatim senilai Rp 150 juta yang diserahkan Dirut Bank Jatim, Busrul Imam (baju putih).

Dari data yang ada, daftar nama KPM penerima BLT DD tadi rata-rata adalah buruh tani. Mereka juga sudah berusia lanjut. Yakni atas nama Sulamena (75), Tuni (72), Saji (80), Supiati (54), dan Mus/Samuna (60).

Kemudian juga diberikan dana bergulir provinsi kepada PP Urip Mulyo Purwodadi atas nama Ponimin dan PP Sido Makmur Pandaan yang diterima Lasmari.

Juga diserahkan Kredit Pundi Kencana dengan dana PEN kepada para petani. Seperti M Ichwan Kusuma (Pertanian Padi) Rp 260 juta, Abu Angsa (pertanian Jagung) senilai Rp 100 juta. Dan Maksum (pertanian Palawija) sebesar Rp 100 juta.

Selain itu, juga diserahkan kredit mikro dengan dana PEN kepada Sukron (peternakan ayam potong) sebesar Rp 500 juta. Dan Saiful ulum sebesar Rp 260 juta bergerak di industri tali rafia.

FOTO BERSAMA: Para penerima bantuan dan kredit berfoto bersama dengan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Wabup Pasuruan, KH Mujib Imron, dan Dirut Bank Jatim, Busrul Imam.

Harapan dari Bank Jatim sendiri, lanjut Busrul, agar virus corona ini segera berakhir. Karena dengan berakhirnya virus tersebut bisa mengembalikan perekonomian masyarakat Jawa Timur.

“Agar covid-19 ini segera berakhir dengan ditemukan vaksinnya. Ya ini agar perekonomian berputar kembali. Bergerak kembali,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili unsur masyarakat, Kepala desa Randugong, Usman menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Jawa Timur dan Bank Jatim atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat di desanya.

“Saya ucapkan terima kasih. Semoga bermanfaat bagi warga saya,” ujar Usman kepada Warta Bromo.

Acara pemberian bantuan dan kredit ini juga mendapat perhatian dari jajaran Pemkab Pasuruan. Tampak hadir Wakil Bupati Pasuruan KH Mujib Imron, Sekda Anang Saiful Wijaya dan beberapa pejabat OPD, Camat dan para kepala desa.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan. Yakni, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Bantuan Permodalan Bumdesa, Bantuan Program Jatim Puspa, Bantuan Masker untuk Pendamping Desa.

Lalu, Bantuan Subsidi Upah dan Penerima Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian  Simbolis Sertifikat Program Strategis Nasional, Instansi Pemerintah dan Lembaga Keagamaan, serta Bantuan Kredit program Dana Bergulir dan Pengecekan Sensus Penduduk. (don/day/*)