Begini Gejala Busi Mobil Sedang Bermasalah

886

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Busi, menjadi salah satu ornamen penting suatu kendaraan. Pasalnya, busi membantu proses pembakaran bensin.

Nah, biasanya busi juga sering mengalami masalah. Mulai dari bekerja kurang maksimal hingga mati total.

Sebenarnya, bagaimana sih ciri-ciri busi yang sedang tidak prima, terutama pada mobil?

Dirangkum dari berbagai sumber, ada ciri-ciri yang biasanya terjadi ketika busi bermasalah. Simak uraiannya berikut!

1. Tanda kerusakan saat mesin mobil mati

Untuk mengetahui busi masih layak pakai atau sudah harus diganti, bisa juga dari warna. Apabila busi berwarna kecokelatan, tandanya, masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti.

Warna busi kemerahan atau kuning, bisa menjadi indikator bahwa mesin mobil dipanaskan secara berlebihan. Bagian yang harus diperhatikan ketika hal ini terjadi adalah bagian pendingin.

Nah, kalau busi sudah berwarna hitam gosong, tandanya ada yang salah dari setelan bahan bakar mobil. Terkahir, busi yang meleleh memungkinkan adanya kebocoran pada kompresor mobil.

2. Tanda kerusakan saat mesin idle

Ketika mesin mobil dalam keadaan idle (minim penggunaan energi), terasa putaran mesin yang tidak halus, artinya busi sedang bermasalah. Biasanya, kondisi ini bisa dirasakan dari dalam kabin mobil.

Selain itu, ketika pengemudi menarik tuas gas, akan terasa berat juga menjadi salah satu tanda busi sedang tidak beres.

3. Tanda kerusakan saat mobil berjalan

Selain dalam keadaan idle, ciri busi bermasalah juga dapat diketahui ketika mobil sdang berjalan. Busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi (perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi) pada mobil menjadi tidak maksimal.

Jika sudah begitu, jangan paksakan mobil untuk melakukan akselerasi maksimal. Pasalnya, jika tetap dipaksakan, mobil bisa mogok saat perjalanan. Jika memang dibutuhkan, segera ganti busi dengan yang baru. (bel/ono)