Pemuda Bermi Temukan Bayi Perempuan di Kebun Kopi

4617

Krucil (wartabromo.com) – Seorang pemuda di Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo menemukan bayi di kebun kopi dekat rumahnya pada Senin pagi, 19 Oktober 2020. Bayi perempuan itu, kini dirawat di Puskesmas Krucil.

Ceritanya, pemuda bernama Mustakim tersebut bermaksud mencari kayu bakar di hutan tak jauh dari tempat tinggalnya di Dusun Bermi Tengah, Desa Bermi sekitar pukul 07.00 WIB. Belum sempat mencari ranting kayu, pemuda berusia 19 tahun tersebut dikejutkan dengan tangisan bayi. Ia pun mencari sumber suara.

Alangkah terkejutnya ia ketika melihat bayi tergeletak di atas tanah. Tanpa alas dan tak ada balutan kain alias telanjang bulat. “Ari-arinya tidak ada, tali pusar sudah dipotong, walaupun masih tersisa panjang,” sebut Kepala Desa Bermi Yusup.

Mustakim lantas memberitahu Satuni (41), ibu kandungnya. Satuni pun bergegas ke lokasi untuk mengecek kebenarannya. Peristiwa itu, akhirnya diketahui warga sekitar dan bikin geger. Banyak warga berbondong-bondong ke lokasi, ingin tahu penemuan bayi itu.

“Kemudian dilaporkan ke saya dan saya pun menghubungi bidan desa, polsek, satpol PP, koramil dan pihak kecamatan. Kami pun bersama-sama ke lokasi,” lanjutnya.

Dari hasil pemeriksaan bidan desa, bayi perempuan itu mempunyai berat 3.000 gram dan panjang 51 sentimeter. Keadaannya dalam kondisi sehat tanpa luka. Meski ditemukan telanjang di atas rerumputan tanpa alas.

“Saat ini posisi bayi ada di inkubator Puskesmas Bermi dan alhamdulillah kondisinya sehat wal afiat tidak ada luka di tubuhnya,” tambah Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Krucil, Lamar.

Kepolisian setempat langsung melakukan sterilisasi lokasi penemuan bayi jenis perempuan itu. Mereka sudah menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) jugq mengumpulkan keterangan dari berbagai saksi di sekitar.

“Sementara, kami masih melakukan pengembangan hasil olah TKP,” ujar Kapolsek Krucil, IPTU Abdul Wakhid. (cho/saw)