Kabupaten Pasuruan Turun Status dari Oranye ke Zona Kuning

1310

 

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf bersyukur bahwa Kabupaten Pasuruan telah beralih statusnya dari zona oranye menuju zona kuning dalam peta sebaran covid-19 Jawa Timur (22/10/2020).

Dalam penuturannya saat Khotmil Qur’an, Gus Irsyad, sapaan akrabnya, mengapresiasi atas kinerja seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan para pemangku kebijakan dalam upaya bersama menanggulangi pandemi covid-19.

Status Kabupaten Pasuruan berubah menjadi zona kuning sejak tanggal 13 Oktober 2020.

Dalam sambutannya Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan yang semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Sehingga ikut berperan aktif dalam menekan potensi penyebaran Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

“Alhamdulillah masyarakat Kabupaten Pasuruan makin disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ucapan terimakasih juga kepada jajaran TNI/ Polri yang terus gencar dalam memberikan sosialisasi tentang Covid kepada masyarakat. Alhamdulillah Kabupaten Pasuruan sekarang sudah memasuki zona kuning,” jelasnya seperti dikutip dari laman website resmi Kabupaten Pasuruan.

Lebih lanjut, Gus Irsyad tetap menghimbau kepada seluruh ASN di Kabupaten Pasuruan agar tetap menerapkan protokol kesehatan setiap saat. Tidak terkecuali meminta kepada para ulama agar tetap intens berpartisipasi aktif dalam melakukan sosialisasi pencegahan penyebarluasan Covid-19.

“Di Hari Santri Nasional yang kita peringati bersama hari ini, para ulama kami mohon bisa tetap bantu sosialisasikan penanganan Covid di Kabupaten Pasuruan agar lebih maksimal”, tuturnya.

Di akhir, Gus Irsyad berpesan agar kegiatan Khotmil Qur’an tetap digelar dengan konsisten dan berkelanjutan. Khotmil Quran ini sebagai upaya dalam meningkatkan imunitas tubuh melalui aktivitas rohani yakni secara bersama-sama mengumandangkan ayat-ayat suci Al Qur’an. Sehingga dapat mewujudkan KEBAL COVID-19 (Keluarga Berdaya Lawan Covid-19).

Dikutip dari akun instagram Kominfo Jawa Timur, sejak tanggal 13 Oktober 2020, status Kabupaten Pasuruan telah berubah menjadi zona kuning. Hal ini berarti tingkat kenaikan kasus covid-19 di Kabupaten Pasuruan rendah.

Dari data yang ditampilkan pada 13 Oktober 2020, jumlah kasus di Kabupaten Pasuruan sebanyak 1.468 positif, dengan total pasien yang sembuh sejumlah 1248 dan 153 meninggal. (oel/asd)