Buah-buahan Ini Warnanya Unik Alami, Ada Pisang Biru

912

 

Pasuruan (Wartabromo.com) – Di dunia, buah-buahan ada berbagai rupa dan warna. Ada yang bentuk dan jenisnya umum, ada pula yang unik.

Ya, ternyata ada lho buah-buahan yang warnanya tak umum. Mengutip detik, warna yang tak biasa pada buah-buahan tersebut biasanya diberikan zat tertentu saat proses pertumbuhan. Selain menghasilkan warna tak lazim, rasa dan tekstur buah yang dihasilkan pun berbeda.

1. Nanas merah muda

Warna nanas umunya kuning. Tapi, kini ada nanas merah muda yang diberi nama rose. Nanas ini dikembangkan di Kostarika, Amerika Tengah. Diketahui, warna merah muda yang ada pada nanas itu dihasilkan dari penambahan lycopene. Lycopene merupakan zat merah pada tomat. Selain warna yang unik, nanas merah mudah juga memiliki rasa cenderung lebih manis dari nanas pada umumnya.

2. Pisang biru

Tak kalah inuk dari nanas merah muda yakni pisang biru. Ha, emang ada?

Ada dong. Tapi yang warna biru kulitnya ya, bukan dagingnya. Pisang satu ini dikenal dengan blue java. Teksturnya lembut mirip es krim, rasanya pun mirip vanilla.

Pisang ini disebut-sebut mengandung banyak khasiat untuk kesehatan. Pasalnya, blue java ini dilengkapi magnesium, kalium, tembaga, protein, vitamin B6, serat hingga vitamin C.

3. Kiwi merah

Jika di pasaran kiwi berwarna hijau atau kuning dengan rasa asam manis segar, berbeda dengan kiwi satu ini. Namanya kiwi merah dengan rasa berry yang manis.

Ada lagi yang membuat kiwi merah ini istimewa, yakni kandungan anthocyanin. Zat anthocyanin ini berperan aktif sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Durian merah

Sebagaimana diketahui, durian ada banyak jenisnya. Tapi, tahukah bolo kalau ada durian merah yang asalnya dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Ya, durian satu ini berwarna merah pekat. Daging buahnya tebal dan manis. Kandungan alkoholnya pun lebih rendah dari durian pada umumnya. Sayangnya, waktu berbuah si durian abang ini tidak menentu.

5. Buah naga kuning

Buah naga merah atau putih sudah biasa. Bagaimana kalau buang naga berwarna kuning?

Selain merah dan putih, buah naga juga ada yan kuning lho. Tak hanya dagingnya saja yang berwarna kuning tapi juga kulitnya. Memiliki rasa yang lebih manis dan segar membuat harga buah naga kuning ini berbeda. Harganya juga jauh lebih mahal.

Jadi, buah mana yang sudah bolowarmo pernah lihat secara langsung? (bel/ono)