Mau Jual Rumah? Begini Trik Menentukan Harganya

692

Pasuruan (Wratabromo.com) – Menjual properti seperti rumah, bukanlah perkara mudah, terlebih perihal menentukan harga jualnya. Pasalnya, para calon pembeli akan tertarik jika harga yang ditawarkan sesuai.

Ya, ketika memutuskan untuk menjual rumah pastikan tidak salah menentukan harga. Jangan terlalu miring, jangan pula terlalu tinggi. Nah, untuk mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan agar harga jualnya sesuai, simak ulsan berikut ini.

1. Buat perbandingan dengan ‘lapak sebelah’

Mengutip kompas, cara terbaik untuk menentukan harga jual yakni dengan membandingkan dengan ‘lapak sebelah’. Untuk membandingknannya, pastikan semua fasilitas kedua properti tersebut serupa. Portal jual beli bisa dijadikan referensi.

Selain membuat perbandingan, perhatikan pula rumah yang serupa namun tidak berhasil terjual. Cobalah mencari kemungkinan-kemungkinan alasan mengapa rumah tersebut tak berhasil terjual.

2. Kenali prospek lingkungan rumah

Umumnya, calon pembeli tertarik pada hunian yang memiliki prospek begus. Tak ayal, prospek lingkungan sekitar juga turut menentukan harga. Semakin tinggi proyeksi berkembang, maka nilai tambahnya juga akan meningkat.

Bukan itu saja, pertumbuhan di lingkungan sekitar yang kurang baik seperti toko-toko tutup bisa jadi pertanda kurang menyenangkan. Jadi, harus mempertimbangkan kembali harga yang ditetapkan.

3. Ukuran dan luas bangunan

Poin satu ini tentu tak boleh luput dari perhatian. Ukuran, luas bangunan serta kualitas material yang ada harus dijadikan pertimbangan untuk menentukan harga. Selain itu, fasilitas yang sudah ada pun perlu menjadi pertimbangan.

4. Beri batasan harga

Berbicara jual beli tentu tidak luput dari tawar menawar. Maka dari itu, pastikan memberi batasan harga untuk penawaran. Biasanya, calon pembeli akan menawar dengan harga yang paling rendah. Jadi, jangan sampai pasca tawar menawar malah bikin tekor ya.

Selamat mencoba. (bel/ono)