Lima Hari Lagi Coblosan, Ini Peta Kekuatan GIAT-TEGAS

1090

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pemilihan wali kota dan wakil wali kota Pasuruan tinggal lima hari lagi. Tepat 9 Desember mendatang, pemilik suara akan memilih pemimpinnya untuk lima tahun ke depan.

Sebagai catatan, pilwali Pasuruan kali ini menghadirkan dua pasangan calon (Paslon). Yakni, Saifullah Yusuf-Adi Wibowo alias GIAT dan Raharto Teno Prasetyo-M. Hasjim Asjari alias TEGAS.

Paslon Giat diusung lima partai politik (parpol) di parlemen. Mereka adalah PKB, Golkar, PAN, PKS dan PPP. Sementara paslon Tegas, berangkat dari koalisi PDIP, NasDem, Gerindra, dan Hanura.

Kalkulasi berdasar jumlah parpol pendukung, paslon GIAT jelas lebih unggul. Karena diusung lima parpol, dibanding paslon Tegas yang empat parpol.

Baca Juga :   Gus Ipul Bangga NU Menjadi Garda Depan Memutus Penyebaran Covid-19 di Kota Pasuruan

“Keunggulan parpol pengusung itu bukan menjadi jaminan. Karena pada pilwali, orang memilih figur,” kata mantan ketua KPU, Fuad Fathoni, belum lama ini.

Merujuk hasil pemilu lalu, total suara yang dikumpulkan parpol pendukung Giat memang lebih unggul dibanding Tegas. PKB, Golkar, PPP, PKS dan PAN sukses mendulang 74.341 suara. Sementara suara yang dikumpulkan parpol pendukung Tegas, 40.448 suara.

Ahmad Junaedi, ketua tim pemenangan Giat mengakui, keunggulan partai pengusung memang bukan menjadi jaminan. Akan tetapi, hal itu justru sebagai modal untuk memenangi pilwali kali ini.

“Kami sudah berhitung, melakukan kalkulasi. Berapa pemilih pemula, mana saja basis pendukung kami, semua kami garap. Kami ajak diskusi, kami sampaikan apa saja program-program Giat,” terangnya.

Baca Juga :   IGD RSUD Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan Tutup Sementara

Terpisah, ketua pemenangan Tegas, M. Zubaidi meyakini paslon yang diusungnya akan memenangi pilwali kali ini. “Kami sudah punya pengalaman,” katanya.

Ia mengungkapkan, Teno yang menyandang status sebagai petahana dinilai memiliki ‘nilai jual’ untuk mengget pemilih.

“Pak Teno yang sudah lima tahun menjadi bagian pemerintahan kemarin merupakan modal pengalaman yang cukup membawa Pasuruan lebih maju lagi,” kata Zubaedi.

Zubaidi yang juga ketua DPC Gerindra Kota Pasuruan ini pun tak terlalu risau dengan kalkulasi suara berdasar pemilu lalu. Dengan beberapa program yang ia sampaikan, ia pun tetap otpimis Tegas menang. (tof/asd)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.