Jelang Nataru, Harga Bahan Pokok Mulai Naik

1118


Pasuruan (WartaBromo.com) – Jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, harga-harga kebutuhan pokok di pasar mulai mengalami kenaikan. Salah satu yang mengalami lonjakan harga adalah komoditi cabai.


Salah satu pedagang sembako di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan, Islamiyah mengungkapkan, harga cabai mengalami kenaikan sejak 2 minggu terakhir.


“Naiknya cukup drastis, Mas,” katanya kepada WartaBromo, Kamis (17/12/2020).


Dikatakannya, harga cabai besar mulai yang awalnya di kisaran Rp30.000 per kg naik pelan-pelan menjadi Rp38.000, Rp45.000 hingga sempat tembus di angka Rp60.000 per kg.


Harga tomat yang semula Rp7.000 per kg kini naik hingga Rp13.000. Selain itu, harga telur juga mengalami sedikit kenaikan mencapai Rp27.000 per kg dari yang sebelumnya Rp23.000.

Baca Juga :   Setelah Catat 16 Sembuh, Kini 5 Pasien di Kabupaten Pasuruan Dinyatakan Positif


Sementara itu, Plt Kepala UPT Pasar Kota Pasuruan, Ridho Wijaya mengungkapkan, salah satu yang menjadi penyebab kenaikan harga ini adalah cuaca yang tidak menentu. Sehingga menyebabkan banyak petani cabai gagal panen.


“Selain itu juga tren tiap tahun menjelang Hari Raya Natal dan tahun baru,” kata Ridho.


Harga-harga kebutuhan pokok lanjut Ridho, dipredikasi bakal terus naik hingga akhir tahun. Untuk mengendalikan harga, pihaknya bakal melakukan operasi pasar.


“Salah satu cara untuk mengendalikan harga, kita akan melakukan operasi pasar,” pungkas Ridho. (tof/may)