Kapten Afwan, Sosok Alim di Balik Kemudi Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang Jatuh

2676

 

Jakarta (WartaBromo.com) – Pilot penerbang pesawat Sriwijaya SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021), ternyata merupakan sosok yang alim. Sosok alim tersebut bernama Kapten Afwan yang diketahui dari manifest penerbangan yang telah beredar.

Penuturan ini diungkapkan oleh Ketua RT tempat ia bermukim di lingkungan Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE), Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Agus Pramudibyo Ketua RT setempat mengenal Kapten Afwan sebagai pribadi yang alim sekaligus santun.

“Baik orangnya, santun, rajin sholat. Kalau libur pasti selalu ke masjid,” kenang Agus, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (9/1/2021) malam.

Bahkan, kata Agus, Kapten Afwan sempat menjadi Bendahara masjid setempat. Tidak hanya itu, ketika menjadi Ketua RT setempat, Kapten Afwan kerapkali memberi tausiah dalam kegiatan keagamaan di lingkungannya.

Baca Juga :   Keluarga Salman Alfarisi, Korban Pesawat Cessna: Tetap Berserah Kepada Allah

“Beliau sering mengisi tausiah di arisan RT, ataupun kalau ada kegiatan di lingkungan perumahan sini,” imbuh Agus.

Senada dengan Agus, dari penelusuran WartaBromo di Twitter, warganet beramai-ramai membagikan kenangan baik terhadap sosok dibalik kemudi pesawat tersebut. Bahkan Capt Afwan salah satu yang trending.

Salah satu warganet yang membagikan kenangannya adalah akun @rizkianoob. Salah satu unggahannya menyebut Kapten Afwan sebagai salah satu kapten terbaik yang pernah ia kenal.

“Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dengan baik dan sabar, dermawan banget lagi orangnya (emoticon menangis) dan selaly identik dengan kopyah putihnya. Safeflight to jannah capt, #SJ182,” tulisnya.

Baca Juga :   7 Fakta Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

 

Seperti diketahui sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute penerbangan Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu sore. Sejumlah personel gabungan dari TNI-Polri dan pihak lain tengah membantu upaya pencarian. (oel/asd)