Tips Memilih Maskapai Penerbangan yang Aman dan Nyaman

512

Pasuruan (WartaBromo.com) – Tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air pada hari Sabtu (9/1/2021) lalu, pasti mendatangkan rasa trauma tersendiri. Lebih lagi bagi yang hendak bepergian naik pesawat.

Meski peristiwa ini terjadi sepekan lalu, hingga saat ini, pemberitaan di media berfokus pada tragedi tersebut. Mulai dari kronologi, penyebab hingga proses identifikasi korban terus dilakukan.

Meski begitu, insiden pesawat jatuh di Indonesia bukan suatu kabar baru. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir banyak peristiwa pesawat jatuh yang disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari human error, kerusakan mesin, hingga faktor alam.

Sekalipun bencana tidak bisa diprediksi manusia, namun sebagai penumpang baiknya harus berhati-hati. Upayakan semaksimal mungkin untuk menghindari kecelakaan serupa dengan memilih maskapai penerbangan yang baik.

Lantas, apa saja tips memilih maskapai penerbangan yang aman dan nyaman? Ini dia!

1. Pilih Reputasi Maskapai Penerbangan yang Baik

Dinukil dari kumparan.com, agar perjalanan menggunakan pesawat aman, baiknya pilih reputasi maskapai penerbangan yang baik. Untuk mengetahuinya, lihat saja profil manajemen perusahaan hingga kualitas dan performa maskapai.

Semakin baik manajemen perusahaan, maka semakin baik pula tanggung jawabnya terhadap penumpang. Untuk mendapatkan informasi ini, lakukan pencarian di berbagai sumber yang terdapat di internet.

2. Tracking Info Seputar Pilot dan Awak Kabin yang Profesional

Indikator pilot dan awak kabin profesional bisa diketahui dari jam terbangnya. Bisa juga diketahui dari cara awak kabin melayani para penumpang.

Tips ini bisa didapatkan dengan cara mengakses informasi terkait penghargaan maskapai terbaik setiap tahunnya. Penghargaan ini dilakukan oleh sebuah lembaga yang berfokus pada dunia transportasi dan penerbangan.

3. Cari Tahu Riwayat Keamanan Penerbangan

Tips berikutnya adalah mencari tahu riwayat keamanan penerbangan. Setelah itu, pilihlah maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan atau paling minim tingkat kecelakannya.

4. Harga yang Setara dengan Pelayanan

Sekalipun saat ini banyak maskapai penerbangan yang menawarkan harga terjangkau, sebaiknya pilih saja yang harganya sedikit lebih mahal.

Pasalnya, sebuah maskapai tidak mungkin memberikan harga mahal jika pelayanannya tidak baik. Sehingga, tingkat keamanan dan kenyamanannya terjamin.

5. Dapatkan Testimoni dari Penumpang Lain

Tips terakhir memilih maskapai penerbangan yang nyaman dan aman adalah dengan mencari testimoni penumpang lain. Sebab, testimoni yang didapatkan bisa memberikan gambaran mengenai sebuah maskapai yang hendak dipilih. (trj/may)

Baca juga: Sebelum Naik Pesawat, Salah Satu Penumpang Sriwijaya Air Beri Isyarat Perpisahan hingga Empat Perampok Bertopeng Kuras Uang dan Perhiasan Petani | Koran Online 11 Jan